Share

Mobil Listrik Mahal di Luar Negeri, Kalau di Indonesia?

Abu Sahma Pane, Okezone · Senin 15 Januari 2018 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 15 15 1845314 mobil-listrik-mahal-di-luar-negeri-kalau-di-indonesia-epdztxrqFN.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA - Isu bakal diproduksinya mobil listrik secara massal di Indonesia terus menghangat. Lalu sejauh mana minat warga terhadap mobil yang digadang-gadang sebagai kendaraan anti polusi tersebut?

Presiden Industri Otomotif Indonesia Made Danang Tangkas mengatakan,mobil listrik di luar negeri mahal. Maka di Indonesia pun diperkirakan harganya lebih tinggi dibanding mobil bermesin konvensional.

Oleh karena itu kemungkinan peminatnya adalah konsumen dengan kelas ekonomi menengah ke atas.

Made Danang Tangkas menuturkan, mobil itu lebih mahal karena ongkos produksinya memang lebih banyak. "Di luar negeri mobil listrik juga lebih mahal," ujarnya menegaskan kepada Okezone, Senin (15/1/2018).

Pabrikan sendiri dinilai sudah siap memproduksi mobil listrik. Sebab pasarnya sudah ada di Indonesia, yakni masyarakat kelas ekonomi menengah ke atas tersebut.

"Saya lihat sudah ada demand, sudah ada pasar. Itu kan tentunya paling tidak memenuhi kondisi syarat untuk produksi," ucapnya.

[Baca Juga: Buat Mobil Listrik, Toyota Minta Kepastian Regulasi dan Infrastrukturnya]

"Dari segi konsumen tidak hanya ditentukan daya beli, tapi juga bahwa punya kebutuhan dan keinginan untuk menggunakan," tambahnya.

Sementara itu, salah satu pabrikan yang siap memproduksi mobil listrik adalah PT Toyota Astra Motor. Untuk merealisasikannya, pabrikan asal Jepang ini masih membutuhkan pembangunan infrastruktur dan regulasi yang pasti.

"Toyota siap jika pemerintah sudah siapkan infrastrukturnya, regulasinya. Karena mobil listrik harus di charging," ujar Public Relation Manajer PT Toyota Astra Motor Rouli Sijabat.

Infrastruktur yang ia maksud adalah fasilitas pengisian listrik mobil atau semacam SBPU untuk mobil konvensional. Selain itu dibutuhkan juga suplai listrik yang cukup.

[Baca Juga: Gandeng Suzuki, Toyota Akan Produksi Mobil Listrik pada 2020]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini