Share

Sensasi Taklukkan Puncak Mandeh dari Balik Kemudi All New Terios

Arief Setyadi , Okezone · Jum'at 12 Januari 2018 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 12 15 1843900 sensasi-taklukan-puncak-mandeh-dari-balik-kemudi-all-new-terios-dP23EB6u91.jpeg Foto: Arief Setyadi/Okezone

PADANG - Daihatsu tak main-main untuk menarik hati konsumen Tanah Air. Produk terbarunya setelah 10 tahun dengan desain lawas, All New Terios hadir tanpa 'konde' di bagian belakangnya yang secara otomatis menghilangkan kesan jeep-nya.

Okezone berkesempatan menguji ketangguhan mobil andalan Daihatsu di kelas SUV ini di Padang, Sumatera Barat. Berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau melewati jalur landai, kemampuan pacu All New Terios R-Deluxe ini cukup gesit.

Berkali-kali bermanuver menyalip kendaraan lain di Jalan Raya Padang, All New Terios tetap stabil dengan ground clearance 220 mm karena dilengkapi stabilizer Vehicle Stability Control (VSC). Begitu pula dengan sektor keamanan, sistem pengereman anti-lock brake system (ABS).

SUV ini juga memiliki electronic brake force distribution (EBD), emergency stop signal (ESS), front sensor, serta kamera 360 khusus parkir yang kian menambah rasa percaya diri pengemudi.

Perjalanan panjang sekira 200 kilometer itu berlanjut ke jalur menanjak. Di kawasan Bukit Lampu, All New Terios dengan mesin generasi terbaru Dual VVT-i 1.5 L ini kembali menunjukan dapur pacunya, terlebih saat bermanuver di tikungan tajam.

[Baca Juga: Cerita Pengalaman Menyiksa Terios di Maluku Utara]

 

All New Terios cukup mantap menutup kelimbungan bila melihat ketinggian mobilnya. Apalagi, diisi lima orang berikut pengemudi. Lagi-lagi itu pengaruh adanya stabilizer VSC ditambah penggunaan velg ring 17 dengan ban Bridgestone.

Ketika posisi menanjak, tak perlu khawatir mobil mundur ketika berhenti ditanjakan. Penerapan fitur new Hill-Start Assist (HSA) dapat membuat mobil tertahan beberapa detik, sehingga memberikan ruang waktu pengemudi injak pedal gas tanpa mobilnya mundur.

Setelah kurang lebih menempuh perjalanan dua jam ke Painan, mobil dengan 7 seater itu kembali dipacu menuju Puncak Mandeh 'Raja Ampatnya' Sumbar, kawasan Bukit Nona. Lintasan yang tak rata dan jalan menanjak kembali menguji mobil yang diklaim memiliki nilai lebih di kelasnya ini.

Ubahan di sektor kaki-kaki membuat All New Terios mampu menembus jalan tersebut dengan baik. Adapun ubahan yang dilakukan meliputi per, shock absorber, hingga stabilizer yang dibuat lebih landai.

 

Selama perjalanan konsumsi bahan bakar All New Terios terbilang lebih irit dari pendahulunya. Namun, soal kekedapan suara All New Terios masih menjadi catatan, begitu juga kurang gregetnya tarikan di RPM rendah.

[Baca Juga: Perbandingan Harga Toyota Rush Terbaru dengan Daihatsu Terios Terbaru, Cek di Sini]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, All New Terios model terbaru ini memang didesain untuk kondisi Indonesia, bukan hanya dari kontur jalan tapi juga dari segi efisiensi.

Dirinya tak menutupi bahwa dapur pacu All New Terios ada di bawah pendahulunya. Namun, ia meyakinkan bahwa itu diterapkan bukan tanpa pertimbangan matang.

"Pada waktu mau ditentukan, mau dibawa kemana All New Terios, kami analisa kebutuhan konsumen. 70 persen Terios digunakan di perkotaan sehari-hari. Sedangkan 10-20 persen baru dibawa ke daerah menanjak seperti pegunungan," ujarnya disela-sela Test Drive All New Terios di Padang.

 

Dari analisa tersebut diputuskan bahwa kebutuhan konsumen kepada efisiensi diutamakan, namun tanpa mengurangi kemampuan dapur pacunya. Sebab, walau di bawah pendahulunya, All New Terios diklaim masih unggul dibandingkan merek lain. "Power-nya memang lebih turun dari Terios lama. Tapi lebih baik dibanding brand lain," katanya.

Amel menambahkan, soal kekedapan suara terkait dengan suara gerungan mesin yang masuk ke dalam kabin penumpang dianggap sebagai masukan. Ia merasa tak perlu menutupi tentang apa yang dirasakan dari balik kemudi All New Terios.

"Kalau kita ukur dari Terios lama lebih baik. Tapi suara yang dibilang tadi (gerungan mesin) masukan bagi mereka (Tim Teknis ADM) untuk melakukan perbaikan," pungkasnya.

Perjalanan menguji ketangguhan All New Terios akan kembali berlanjut pada Jumat 12 Januari. Trip yang akan ditempuh menuju Pasir Jambak Conservation.

Journalist Test Drive Padang, West Sumatera ini diikuti oleh 16 awak media massa, baik nasional maupun regional. Mobil yang digunakan ada delapan unit.

[Baca Juga: Perbandingan Harga Toyota Rush Terbaru dengan Daihatsu Terios Terbaru, Cek di Sini]

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini