Share

Lamborghini Miura, Sang Legenda yang Lahir dari Proyek Rahasia untuk Menyeruduk Ferrari

Abu Sahma Pane, Okezone · Selasa 02 Januari 2018 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 02 15 1838797 lamborghini-miura-sang-legenda-yang-lahir-dari-proyek-rahasia-untuk-menyeruduk-ferrari-HmmmpCyGBp.jpg Foto: Motor1

ITALIA - Lamborghini dan Ferrari adalah rival di industri otomotif. Bahkan itu terjadi sebelum Lamborghini pertama lahir. 

Disebut demikian karena pada awalnya Lamborghini didirikan oleh Ferruccuio hanya untuk memproduksi berbagai mesin, termasuk traktor.

Lalu dalam perjalanan industri, sekira 1963 ia berniat menyaingi Ferrari. Kemudian Ferruccio memutuskan untuk membangun mobil sendiri, yakni Lamborghini 350 GT. 

Itu adalah proyek rahasia, yang dikerjakan insinyur mereka saat jam kerja telah usai. Mereka berjuang melawan produk berlogo kuda jingkrak dengan desain revolusioner. 

[Baca Juga: Ajaib! Sepeda Polisi Bisa Kejar Lamborghini Huracan di Jepang]

Awalnya sang pendiri perusahaan, Feruuccio menolak desainnya. Namun setelah dibujuk dengan akan menyematkan mesin mumpuni yang bisa menyeruduk Ferrari, bos besar itu akhirnya luluh.

Proses berlanjut, dan lahirlah supercar Lamborghini Miura pada 1966 dan diluncurkan di Geneva Motor Show. Unit yang didesain dengan dua kursi waktu itu disebut Lamborghini P400.

Satu lagi yang mengagetkan adalah, sebelum pembangunannya rampung, Lamborghini Miura sudah dipesan oleh konsumen tanpa melihat wujudnya yang selesai.

Nama Miura sendiri berasal dari peternak banteng perang yang terkenal di Italia. Pada mulanya mobil tersebut disematkan mesin V1 berkapasitas 3,9 liter dengan tenaga 345 tenaga kuda.

Selama bertahun-tahun Miura dikembangkan dan akhirnya disematkan mesin berkapasitas 440 tenaga kuda. Produksi berakhir pada 1973 ketika penggantinya, Countach ikonik, terungkap.

[Baca Juga: Jadi Topik Terpanas, Lamborghini Perkenalkan Urus Pickup]

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini