Share

Tips! Lakukan Ini Agar Aki dan Busi Mobil Anda Awet

Zahrah Muhamad Afra, Okezone · Minggu 31 Desember 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 29 15 1837485 tips-lakukan-ini-agar-aki-dan-busi-mobil-anda-awet-iZDshOLllg.jpg Foto: Auto Guide

JAKARTA – Menghemat uang membuat Anda merasa nyaman, dan terkadang menghemat uang untuk perbaikan mobil adalah hal yang sangat mudah dilakukan.

Berikut beberapa cara yang telah terbukti menghabiskan sedikit uang untuk pencegahan kerusakan mobil Anda, mengutip dari Auto Guide pada Minggu (30/12/2017).

Sejumlah sistem seperti alarm perjalanan, ECU, smart key, dan multimedia interface, bisa menarik arus baterai bahkan saat kondisi kendaraan mati. Dumpload merupakan masalah elektronik yang umum, dapat disebabkan oleh baterai yang harganya murah.

Bahkan, jika Anda jarang mengendarai kendaraan atau dalam jarak pendek, mesin tentuk tidak menyala cukup lama untuk mengisi penuh baterai. Bagaimana cara mengatasinya agar baterai awet sehingga tidak perlu uang untuk menggantinya?

Investasikan uang Anda untuk battery trickle charger. Masukkan battery trickle charger yang mampu mengisi ulang dan mengkondisikan daya baterai pengendara Anda saat tidak dikemudikan.

[Baca Juga: 8 Tips Agar Mobil Tak Boros BBM Ketika Mudik Natal & Tahun Baru]

Tarik dengan mengarah ke atas, pasang battery trickle charger ke stopkontak, dan microchip dapat melakukan sisanya. Dengan charger trickle, Anda tidak perlu mengeluarkan baterai dari mobil sport sekalipun. 

Membersihkan dan mengganti busi kendaraan merupakan pekerjaan yang mudah dan murah untuk mesin empat silinder. Jika Anda tahu cara mengoperasikan kunci pas, Anda mungkin akan bisa melakukannya sendiri.

Dalam banyak mesin modern, busi kotor memiliki efek bola salju, yang dapat menyebar ke sistem dan komponen lain. Hindari itu dengan cara membersihkan busi sendiri.

Perjalanan Anda memiliki jaringan sensor elektronik, modul, komputer, dan gizmos yang menganalisis dan mengubah cara mesin, transmisi, sistem emisi, dan banyak komponen lainnya bekerja. Gunakan Pembaca Kode yang terhubung melalui Bluetooth ke Smartphone Anda guna mendeteksi masalah.

Pembaca Kode akan dengan cepat memindai untuk mengidentifikasi masalah yang muncul. Menunjukkan kepada Anda apa masalahnya, dan dapat menghemat pengeluraan Anda jika tanda-tanda kerusakan diketahui lebih awal.

[Baca Juga: Deretan Kerusakan Mobil yang Bisa Diperbaiki Sendiri, Cek di Sini...]

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini