Share

Perkenalkan Honda CT50 Motra, Truknya Motor

Agregasi Gila Motor, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 29 15 1837468 perkenalkan-honda-ct50-motra-truknya-motor-W3RT1KrhAR.jpg Foto: Gila Motor

JAKARTA - Honda CT50 Motra laksana truk. Desainnya kaku dan cenderung boxy, namun dibekali dengan pipa-pipa bulat, plus ban dengan profil kasar. Hal itu terlihat kontras dengan dimensinya yang kompak dan warnanya yang mencolok.

Motor tersebut hanya diproduksi Honda selama dua tahun (1982-1983), dan digadang-gadang sebagai heavy-duty recreational motorcycle.

Informasi yang dihimpun, penamaan Motra diambil dari kata motorcycle dan torakku (bahasa Jepangnya truk). Unitnya bisa dijumpai di pojok bengkel Gearhead Monkey Garage di Jakarta Selatan.

Walau bentuknya mini dengan panjang hanya semeter lebih 12 Cm, namun desainnya terlihat eye catchy dan mampu membuat minibike dieharder jatuh cinta.

Apalagi rancangan body Honda Motra yang kotak kian gagah dengan frame tubular yang strukturnya menyatu dengan rak gambot di depan dan belakang. Dimensinya besar dan bobot yang berat membuatnya bisa melaju di medan seperti pasir dan tanah.

[Baca Juga: TOP AUTOS: Honda Vario Kena Imbas Kehadiran Yamaha Aerox]

Dibekali dengan mesin OHC dengan kubikasi 49cc yang sanggup menggelontorkan tenaga hingga 4,5 dk. Honda Motra juga dipersenjatai dengan sistem transmisi yang mumpuni.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Gigi semi otomatis tiga yang berfungsi seperti gigi di motor bebek, namun punya dua stage. High Gear untuk jalan biasa dan Low Gear untuk torsi yang melimpah. Cara mengoperasikannya juga sangat mudah. Tinggal menggeser tuas tambahan yang posisinya ada di kaki sebelah kiri ke atas untuk High Gear, dan ke bawah untuk Low Gear.

Honda Motra telah dibekali dengan ban pacul berdimensi 5.4-10 di depan dan belakang, plus sistem suspensi adjustable. Proses kerjanya bisa diaktifkan dengan menggeser tuas di bawah jok sebelah kanan untuk mengatur rebound suspensi.

Soal riding experiencenya, jangan dibandingkan dengan motor biasa, motor bebek sekalipun. Soalnya mesin Honda Motra kan kecil.

Namun keunikan dari motor ini justru pada dimensi dan desain yang berbeda dibanding motor lainnya.

[Baca Juga: Wow! Motor Klasik Asal Jepang Ini Diproduksi Kembali]

(abu)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini