Share

Penting! Ini Kategori Banjir yang Aman dan Bahaya untuk Dilewati Mobil

Tim Okezone, Okezone · Selasa 12 Desember 2017 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 12 15 1829090 penting-ini-kategori-banjir-yang-aman-dan-bahaya-untuk-dilewati-mobil-O9f7b9Oryz.jpg Ilustrasi: (Foto: Statesman)

JAKARTA - Banjir akibat hujan kemarin membuat sejumlah kendaraan mogok. Sementara hari ini, Selasa (12/12/2017) Badan Menteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga memperkirakan hujan akan turun.

Lalu bagaimana jika hujan tersebut kembali memicu banjir dan membuat kendaraan mogok? Untuk mengantisipasinya, perhatikan hal penting berikut yang dirangkum Okezone:

Ada empat kategori banjir dan hanya satu yang berstatus aman untuk dilewati. [Baca Juga: Ada empat kategori banjir dan hanya satu yang berstatus aman untuk dilewati.]

Kategori A, banjir tinggi yang membuat seluruh mobil terendam. Kemudian B, banjir sampai sebatas dasbor, dan C sebatas bumper. Sementara kategori D adalah ketinggian air seperempat ban tidak masalah.

Nah, kategori yang aman untuk dilewati adalah D. Namun bila sudah ke bumper, sebaiknya melewati jalan lain untuk menghindari kerusakan pada komponen.

Sebab kategori A, B, dan C bisa membuat komponen listrik jadi korslet dan mesin yang terendam bisa menyebabkan mogok.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini