Share

Rangkul SoftBank, Honda Bikin Mobil dengan Jaringan 5G

Zahra Muhamad Afra, Okezone · Sabtu 18 November 2017 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 17 15 1816025 rangkul-softbank-honda-bikin-mobil-dengan-jaringan-5g-x1C5FCEdAQ.jpg Foto : Reuters

TOKYO - Operator seluler Jepang, SoftBank membuat proyek teknologi baru yaitu “mobil pintar.” Mereka mitra dari Jepang, Honda. Tahun lalu, keduanya mengumumkan akan membuat emotif mobil menggunakan teknologi berbasis cloud, berdasarkan robot Pepper SoftBank (Knight Rider KITT).

SoftBank telah menguji jaringan 5G di Jepang, karena 5G memiliki jaringan yang lebih stabil ketimbang 4G. Memungkinkan digunakan pada mobil yang selalu bergerak dengan kecepatan tinggi untuk berkomunikasi. SoftBank juga akan menguji seberapa baik mobil Honda untuk berkomunikasi satu sama lain melalui jaringan 5G.

Mulai 2018, SoftBank akan memasang base station 5G di acara uji coba tertutup Takasu Proving Ground di Hokkaido, Jepang. Sementara itu, kedua perusahaan akan memantau hasilnya untuk mengembangkan teknologi dan antena on board kendaraan.

SoftBank juga berinvestasi di beberapa platform ridesharing. Seperti baru-baru ini telah menginvestasikan USD70 milyar di Uber.

Dikutip dari Techjuice, Uber mengatakan, "Kami telah menandatangani kesepakatan dengan konsorsium yang dipimpin oleh SoftBank dan Dragoneer mengenai investasi potensial. Kami yakin kesepakatan ini merupakan kepercayaan yang kuat pada potensi jangka panjang Uber. Setelah ditutup, ini akan membantu mendorong investasi teknologi dan ekspansi kami di dalam dan luar negeri, sekaligus memperkuat tata kelola perusahaan kami.”

Sebagaimana diketahui, SoftBank juga menginvestasikan di Grab Singapore (yang juga mengandalkan Honda sebagai pendukung), India Ola, Didi China. Demikian dikutip dari Engadget, Sabtu (18/11/2017). (tce)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini