A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: mysqli::real_connect(): (HY000/2002): Operation timed out

Filename: mysqli/mysqli_driver.php

Line Number: 201

Backtrace:

File: /mainData/sites/web_apps/okeautos/apps_2019/models/db/Mdbdetail.php
Line: 12
Function: database

File: /mainData/sites/web_apps/okeautos/apps_2019/controllers/Read.php
Line: 20
Function: model

File: /mainData/sites/web_apps/okeautos/public_2019/index.php
Line: 320
Function: require_once

TOP AUTOS: Wow, Nissan Bikin Mobil Listrik Bisa Bernyanyi : Okezone Otomotif

TOP AUTOS: Wow, Nissan Bikin Mobil Listrik Bisa Bernyanyi

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 31 Oktober 2017 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 31 15 1806087 top-autos-wow-nissan-bikin-mobil-listrik-bisa-bernyanyi-xzVod1JmJA.jpg Nissan IMx (Carscoops)

TOKYO - Mobil listrik tidak dilengkapi dengan mesin seperti kendaraan konvensional, maka jangan heran pada saat melaju di jalan raya tidak mengeluarkan suara cenderung senyap. Namun mobil tanpa suara bisa menimbulkan efek negatif bagi pengguna jalan lain terutama pejalan kaki, karena tidak sadar bahwa ada kendaraan yang mendekat.

Sebagai langkah untuk menjawab permasalahan tersebut, Nissan Motor mengembangkan teknologi suara untuk mobil listrik dengan nama Canto.

(Baca juga: Unik! Produsen Mobil Asal Jepang Ini Ciptakan Suara untuk Kendaraan Listrik)

Saat ini teknologi suara yang dikembangkan Nissan tengah dipamerkan di Tokyo Motor Show 2017, di Jepang. Teknologi tersebut dibenamkan ke mobil listrik konsep IMx.

Daniele Schillaci, executive vice president Nissan Motor untuk Global Marketing dan Sales, Zero-Emission Vehicles dan Battery Busines mengatakan, "Elemen penting Nissan Intelligent Mobility adalah bagaimana kendaraan terintergrasi dengan lingkungan sekitar, dan komponen krusial tersebut adalah suara. Canto, dirancang khusus untuk menjaga keamanan para pejalan kaki, termasuk juga memberikan suara khas Nissan, sebuah suara berenergi dan lantang yang menjadi ciri khas merek dan menunjukkan keunikan posisi kami di antara mobil-mobil listrik lainnya,"

Canto berasal dari bahasa Latin yang berarti “Aku menyanyi”. Berbagai jenis suara dan nada akan beragam, sesuai dengan akselerasi, deselerasi atau saat kendaraan berjalan mundur. Suara tersebut aktiv ketika mobil melaju pada kecepatan 20-30 kilometer per jam.

Nissan menciptakan teknologi suara Canto dengan tujuan untuk membangun kewaspadaan. Selain itu sebagai upaya untuk memperkaya indera pendengaran pengguna jalan yang ada di sekeliling mobil. Tingkat suaranya akan terdengar jelas, tanpa mengganggu pejalan kaki, dan penumpang.

(Baca juga: Di Jepang Teknologi ProPilot Nissan Dibanderol Rp20 Jutaan)

Nissan telah mengembangkan kendaraan bersuara sejak 2010, melalui sistem "Approaching Vehicle Sound for Pedestrians", sebuah sistem yang menghasilkan suara peringatan bagi pejalan kaki dan pengendara lain, sehingga mereka mengetahui bahwa ada mobil yang mendekat. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini