Share

Keren! Produsen Mobil Asal Jepang Ini Uji Coba Kendaraan Otonom di Jalan Umum

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 30 Oktober 2017 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 30 15 1804984 keren-produsen-mobil-asal-jepang-ini-uji-coba-kendaraan-otonom-di-jalan-umum-MmSo0z0b1N.jpg Infinifi Q50 (Nissan Motor)

TOKYO - Teknologi automotif terus berkembang seiring berjalannya waktu. Saat ini teknologi yang tengah ramai dikembangkan oleh banyak produsen mobil adalah otonom (tanpa sopir). Nissan Motor Corp menjadi satu di antara banyaknya produsen yang mengembangkan teknologi tersebut. Belum lama ini Nissan mulai menguji teknologi mobil full otonom di jalan umum Tokyo.

Teknologi otonom yang diuji oleh Nissan disematkan pada sedan sport Infinifi Q50. Teknologi ini memungkinkan kendaraan untuk beroperasi dengan sendirinya tanpa bantuan pengemudi menggerakkan setir. Pengemudi hanya menentukan lokasi tujuan melalui sistem navigasi, maka kendaraan akan bergerak dengan sendirinya ke tempat yang dituju.

(Baca juga: Wow! Pesanan Pizza Akan Diantar Pakai Mobil Otonom)

Mobil yang masih bertatus prototipe ini diciptakan dengan mengandalkan informasi dari 12 sonar sensor, 12 kamera, 9 radar sensor, 6 pemindai laser dan peta dengan tampilan resolusi tinggi untuk menganalisa skenario kompleks secara akurat dan sistem navigasi yang mampu memahami kondisi kota yang ramai, seperti melintasi persimpangan yang sibuk.

Perangkat keras juga dilengkapi dengan peningkatan perangkat lunak yang memperlancar transisi ketika melewati rintangan di jalan. Hal ini memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

“Kecerdasan menjadi poros dari segala sesuatu yang kita lakukan di Nissan,” kata Takao Asami, senior vice president Nissan Motor, untuk Research & Advanced Engineering.

Asami menambahkan teknologi otonom produksi Nissan akan segera beredar di pasaran dalam waktu yang tidak lama lagi.

“Prototipe generasi terbaru dari teknologi ProPILOT menampilkan teknologi yang akan hadir di dunia nyata mulai dari 2020. Uji coba ini adalah terobosan terbaru yang inovatif dari Nissan dalam menciptakan kendaraan otonom masa depan bagi kita semua," pungkas dia.

Uji coba ini dilakukan sekaligus mengiringi peluncuran Nissan Leaf tanpa emisi, yang dilengkapi dengan teknologi ProPILOT di mana dapat digunakan pada satu lajur di jalan raya.

(Baca juga: General Motors Mulai Uji Coba Mobil Otonom)

Sementara itu selain Nissan, General Motors (GM) juga berencana memilih jalan umum yang ramai untuk menguji mobil otonom. Keputusan tersebut diambil karena dipercaya dapat memberikan banyak keuntungan dibanding perusahaan lain yang menguji mobil otonom di pinggiran kota yang sepi.

Rencannya GM dengan perancang kendaraan otonom, Cruise Automation akan mulai menguji mobil tanpa sopir di New York pada awal 2018. GM akan menjadi perusahaan automotif pertama yang menguji mobil otonom level 4 di jalan raya New York. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini