Share

Soal Peraturan Kendaraan Listrik di Jakarta, Gubernur Anies: Harus Direncanakan Secara Sistematis

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 29 Oktober 2017 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 29 15 1804619 soal-peraturan-kendaraan-listrik-di-jakarta-gubernur-anies-harus-direncanakan-secara-sistematis-ZB9JnUTiBv.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda motor listrik (Santo/Okezone)

JAKARTA - Pasar automotif ke depan akan mengarah kepada kendaraan listrik. Guna menyambut era kendaraan tanpa emisi, pemerintah sampai saat ini masih mengodok sebuah draf yang akan mengatur keberadaan kendaraan listrik di Indonesia mulai dari pajak hingga produksinya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sangat mendukung sekali keberadaan kendaraan listrik. Menurutnya jika penduduk banyak yang menggunakan kendaraan listrik maka dapat dipastikan bahwa polusi udara di Jakarta berkurang. Untuk mendorong supaya warganya menggunakan kendaraan tanpa bahan bakar fosil itu, Anies belum akan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) dalam waktu dekat. Sebab mengeluarkan Perda itu tidaklah mudah harus dikerjakan secara teratur dan logis.

(Baca juga: Jajal Sepeda Motor Listrik, Anies Baswedan: Ada yang Beda)

"Kita harus dengar dulu ini (peraturan kendaraan listrik) bukan sesuatu yang coba-coba ini harus direncanakan secara sistematis sehingga proses konversinya itu juga tidak membebani. Kan ketika anda memutuskan berganti kendaraan itu artinya tidak menggunakan yang lama, nah disitu harus disiapkan sistemnya," ujar Anies, di Balai Kota, Jakarta belum lama ini.

Anies menambahkan bahwa pihaknya ingin supaya rencana penggunaan energi hijau bisa dikerjakan dengan sistematis, "jangan asal comot saja, termasuk memanfaatkan teknologinya," tutur dia.

Seperti diketahui, Anies sangat tertarik dengan kendaraan listrik karena membawa dampak yang baik bagi lingkungan yaitu bisa mengurangi polusi udara.

(Baca juga: Kurangi Polusi di Jakarta, Gubernur Anies Beri Sinyal Kerja Sama dengan Perusahaan Motor Listrik)

"Kita ingin Jakarta sedikit demi sedikit sumber polusi (kendaraan berbahan bakar fosil) dikurangi dan salah satu sumber polusi kita adalah residu dari kendaraan bermotor baik roda dua dan empat maupun roda yang lebih banyak lagi. Jadi makin banyak yang bisa menggunakan kendaraan listrik maka akan sehat untuk Jakarta," jelas dia.

Menurut Anies salah satu tantangan untuk menghadirkan kendaraan listrik adalah stasiun pengisian listrik, jika itu sudah terpenuhi maka dapat mempermudah pemilik kendaraan untuk mengisi ulang baterai. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini