Share

Mantap! Tak Hanya Makanan, di Bengkel Resmi Jepang Juga Disediakan Massage Gratis

Abu Sahma Pane, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 15 1804377 mantap-tak-hanya-makanan-di-bengkel-resmi-jepang-juga-disediakan-massage-gratis-T4Ywj6VNC2.jpg Massage tangan gratis (Abu/Okezone)

TOKYO - Jika di Indonesia layanan plus bengkel dan diler hanya makanan dan minuman di ruang tunggu, maka beda lagi di Jepang. Di negeri Matahari tersebut lebih istimewa karena ada layanan massage tangan gratis.

Hal itu terlihat ketika Okezone bertandang ke bengkel resmi Daihatsu di Kabupaten Shiga, sekira satu jam perjalanan naik bus dari pusat Kota Osaka, Jepang.

(Baca juga: Mengintip Cafe CLBK, Tempat Nongkrong Penggemar Automotif di Jepang)

Seorang wanita pekerja swasta datang ke bengkel tersebut setelah sebelumnya melakukan booking secara online. Usai mobilnya diserahkan ke petugas, ia pun masuk ke ruang tunggu dan duduk di kursi layanan massage.

"Di sini memang disediakan layanan massage untuk tangan," ujar Reza Fahlevi, pekerja asal Indonesia di Daihatsu Shiga, Sabtu (28/10/2017).

Tak hanya itu, ruang tunggu ramah anak juga ada. Sampai-sampai ada kamar mandi khusus anak yang difasilitasi popok gratis.

Sementara di salah satu meja, tampak seorang wanita sedang menikmati kopi sambil membaca. "Saya Sakura, bengkel ini memang langganan saya," ucapnya.

Sakura menambahkan, layanan service di bengkel tersebut sangat memuaskan. Bukan hanya karena cepat, tapi pekerjanya ramah-ramah.

"Di sini sangat memuaskan, saya merasa dilayani semua karyawan di sini karena ramah-ramah," tuturnya.

Sementara pemilik diler sekaligus bengkel resmi mobil Daihatsu tersebut, Keiichi Goto mengatakan pihaknya memang sengaja mengutamakan kepuasan pelanggan. "Kepuasaan pelanggan adalah kebahagiaan kami," tuturnya.

Goto sendiri memiliki 14 diler mobil di Jepang. Semua karyawannya dididik agar ramah, santun dan kompak. Bahkan seorang mekanik tak hanya ditutut untuk memperbaiki mobil, namun juga diminta bisa melayani kebutuhan lainnya untuk pelanggan semisal soal kebersihan dan lain-lain.

Misalnya, mekanik juga diminta membantu membersihkan toilet bersama karyawan lain agar pelanggan nyaman. Layanan seperti ini tersedia di semua dilernya tersebut.

(Baca juga: Daihatsu Siap Produksi Mobil Listrik untuk Indonesia, tapi...)

"Ini filosopi kami, bekerja apa pun untuk memuaskan pelanggan," pungkas Goto. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini