Share

Terungkap! Daihatsu Copen Mahal karena Dirakit Secara Manual Tanpa Bantuan Mesin

Abu Sahma Pane, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 15 1804307 terungkap-daihatsu-copen-mahal-karena-dirakit-secara-manual-tanpa-bantuan-mesin-DXrHPIqb46.jpg Daihatsu Copen (Okezone)

JAKARTA - Mobil sport berdimensi kecil, Copen yang diproduksi Daihatsu Motor Company (DMC) ternyata dirakit secara manual alias tanpa bantuan mesin. Itu tampak ketika Okezone bertandang ke pabrik mobil mewah tersebut di Osaka, Jepang, Oktober 2017.

"Mobil ini sengaja dirakit tanpa mesin, hanya pakai tangan manusia" ujar petugas di sana, Marie Iwaya. Tujuannya adalah agar pembuatannya lebih teliti dan terperinci, layaknya orang berkreasi di bidang seni.

(Baca juga: Alasan Daihatsu Pertahankan Copen di Indonesia meski Penjualannya Minim)

Itu pula yang membuat mobil ini masuk kategori mewah di Daihatsu dengan harga hampir Rp300 juta di Jepang dan dibandrol lebih dari Rp400 juta di Indonesia.

Untuk membuat satu unit saja butuh waktu 20 jam. Beda dengan produk Daihatsu lainnya yang bisa diproduksi massal pakai mesin sebagai pembantu perakitan oleh pekerja.

Di pabrik Copen terlihat dua pekerja spesialis menyelesaikan tahap akhir perakitan. Ketika Okezone tiba di sana, pekerja sedang memasang kap, panel fender depan, atap mobil, bumper, dan lainnya.

"Panel fender depan tidak langsung dipasang ke bodi, ia dipasang melalui breaket," ucap Iwaya.

Lantas bagaimana cara untuk memastikan kualitas pengerjaannya?

Iwaya mengatakan untuk menghindari kesilapan, pekerja spesialis sampai-sampai memeriksa kembali setiap pekerjaan masing-masing berulang-ulang dengan menggunakan dua jari.

"Spesialis kami akan menggunakan cheksheet dan menunjukkan dengan dua cari untuk memastikan tidak ada cacat dan menghapus kotoran apa pun," tuturnya.

Begitulah detil-detil amat diperhatikan mobil yang dibuat dengan tangan seni tersebut. Dengan teknik begini Daihatsu hanya bisa memproduksi 20 unit dalam sebulan.

(Baca juga: Bagaimana Kabar si Mungil Daihatsu Copen di Indonesia?)

Daihatsu Copen sendiri sengaja dibuat dengan kapasitas mengangkut dua orang. Sebab konsepnya memang sport yang dilengkapi dua pintu. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini