Share

Kurangi Polusi di Jakarta, Gubernur Anies Beri Sinyal Kerja Sama dengan Perusahaan Motor Listrik

Santo Evren Sirait, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 15 1804272 kurangi-polusi-di-jakarta-gubernur-anies-beri-sinyal-kerja-sama-dengan-perusahaan-motor-listrik-8z5eev6Iv9.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda motor listrik (Santo/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat melakukan test ride sepeda motor listrik di halaman Balai Kota, Jakarta. Usai mengendarainya, Anies mengaku tertarik untuk memilikinya.

"Saya tertarik ingin pakai. Saya sudah tanya showroom-nya di Jakarta di mana," katanya Sabtu (28/10/2017).

(Baca juga: Jajal Sepeda Motor Listrik, Anies Baswedan: Ada yang Beda)

Selain tertarik untuk digunakan secara pribadi, dirinya juga mengungkapkan, ada pontensi besar ke arah kerja sama antara Pemda DKI Jakarta dengan perusahaan sepeda motor listrik di Tanah Air. "Ya ada potensi, nanti kita lihat potensi kerja samanya," ungkap Anies.

Namun, di samping adanya kemungkinan untuk menjalin kerja sama, yang paling ditekankan oleh Anies adalah keuntungan dari penggunaan kendaraan rendah emisi tersebut di Jakarta, satu yang utama yaitu bisa mengurangi polusi udara dan melestarikan lingkungan.

"Kita ingin Jakarta sedikit demi sedikit sumber polusi (kendaraan berbahan bakar fosil) dikurangi dan salah satu sumber polusi kita adalah residu dari kendaraan bermotor baik roda dua dan empat maupun roda yang lebih banyak lagi. Jadi makin banyak yang bisa menggunakan kendaraan listrik maka akan sehat untuk Jakarta," jelas dia.

Menurut Anies salah satu tantangan untuk menghadirkan kendaraan listrik adalah stasiun pengisian listrik, jika itu sudah terpenuhi maka dapat mempermudah pemilik kendaraan untuk mengisi ulang baterai.

(Baca juga: Tak Dapat Insentif Pajak, Motor Listrik Impor Bisa Saja Dapat Keringanan Bea Balik Nama)

"Yang menantang dari pengunaan kendaraan listrik ini adalah storage energi listrik karena itu saya dengar dari pak General Manager PLN DKI (Ikhsan Asaad) sudah ada lebih dari 500 titik tempat pengisian listrik. Dengan adanya fasilitas tersebut yang banyak untuk mengisi baterai listrik Insya Allah akan mempermudah bagi pengguna kendarana listrik," terang Anies. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini