Share

Jajal Sepeda Motor Listrik, Anies Baswedan: Ada yang Beda

Santo Evren Sirait, Okezone · Sabtu 28 Oktober 2017 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 28 15 1804204 jajal-sepeda-motor-listrik-anies-baswedan-ada-yang-beda-M455wExJCb.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengendarai sepeda motor listrik (Santo/Okezone)

JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya, Sabtu (28/10/2017) pagi menggelar kegiatan konvoi motor listrik bertajuk Electric Fun Ride. Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati hari listrik nasional ke 72. Setidaknya ada 200 pengendara sepeda motor listrik yang mengikuti konvoi tersebut.

Konvoi dimulai dari kantor pusat PLN Distribusi Jakarta Raya di Gambir, Jakarta Pusat, kemudian melintasi beberapa jalan hingga sampai di Kota Tua, Jakarta. Ikut serta dalam konvoi tersebut General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad. Konvoi kemudian bergerak menuju Balai Kota untuk bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di Balai Kota Anies Baswedan terlihat sudah siap dengan aksi Fun Ride tersebut. Tak ingin berlama-lama, Anies kemudian mengendarai sepeda motor listrik merek Viar Q1 yang sudah disiapkan panitia.

Anies tampak lihai mengendarai sepeda motor listik yang dikembangkan oleh PT Triangle Motorindo bersama Universitas Gadjah Mada itu. Mengggunakan baju biru dan helm, Anies mengitari halaman Balai Kota ditemani oleh Ikhsan.

Menurutnya, antara sepeda motor yang menggunakan mesin konvensional dengan motor listrik sangat berbeda sekali. Karena motor listrik tidak memiliki knalpot sehingga tidak ada suara yang dihasilkannya.

"Saya baru pertama kali mengemudikan motor yang digerakkan tenaga listrik. Saya mengemudi motor sejak muda jadi sehari-hari saya memang biasa menggunakan sepeda motor, ketika menggunakan motor ini (listrik) ada rasa yang amat berbeda yaitu tanpa suara, tidak ada bunyi, motornya sunyi, dan hemat energi," ujar Anies usai mengendarai motor listrik.

Soal tarikan awal, Anies mengaku tidak kalah kencangnya dengan motor berbahan bakar bensin.

"Kalau dicoba tarikannya kuat juga, kadang banyak orang khawatir dan bertanya kalau bukan pakai pembakaran bensin apakah tarikannya kuat juga, ternyata kuat tuh dan fleksibel," terangnya.

Dijelaskannya, motor listrik itu ringan sehingga nyaman dan mudah untuk dikendarai. "Manuver gampang, ringan saya belum coba jarak jauh tapi dengan sepintas saja ini (motor listrik) pilihan yang menarik," pungkasnya. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini