Share

2025, Harga Mobil Hidrogen Sama dengan Hybrid

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 27 Oktober 2017 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 27 15 1803794 2025-harga-mobil-hidrogen-sama-dengan-hybrid-d83lAwgtZ6.jpg Toyota Mirai (Autocar)

TOKYO - Mobil berbahan bakar hidrogen memang tak sepopuler hybrid. Masih sedikit pabrikan automotif yang memasarkan mobil hidrogen bisa menjadi salah satu pennyebabnya, apalagi saat ini harga jualnya masih sangat tinggi sekali. Namun di masa yang akan datang tepatnya pada 2025, Toyota mempredisi bahwa harga mobil hidrogen akan lebih terjangkau atau setidaknya setara dengan hybrid.

Diberitakan AutocarUk, sebagai contoh saat ini di Inggris harga mobil hybrid Toyota Prius sekira 22.000 poundsterling atau setara Rp391 juta, sedangkan Mirai bertenaga hidrogen dijual dengan harga 65.000 poundsterling atau sekira Rp1,15 miliar.

(Baca juga: Pasutri Ini Menjadi Pemilik Pertama Mobil Toyota Mirai)

Kedepan, Toyota akan mencoba mengembangkan mobil hidrogen dengan harga murah dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi. Meski pasarnya masih kecil diharapkan ke depan akan terjadi bertumbuh dan dapat membantu menurunkan biaya produksi.

"Pada awal 2020-an, kami akan meluncurkan teknologi hidrogen generasi terbaru, dan itu akan memberikan langkah maju yang substansial," kata Naomichi Hata, general manager dari perencanaan bisnis baru untuk Toyota.

Dirinya menambahkan saat ini pihaknya masih memproduksi Mirai dalam jumlah terbatas, kemungkinan akan bertambah lebih banyak lagi beberapa tahun ke depan.

"Saat ini produksi Mirai terbatas pada 3000 mobil dalam setahun, namun pada tahun 2025 kami memperkirakan angka tersebut naik sepuluh kali lebih tinggi," ungkap Naomichi.

(Baca juga: Perbedaan Singkat Antara Toyota Mirai dan Honda Clarity)

Sementara itu di pameran Tokyo Motor Show (TMS) 2017 di Jepang, Toyota memperkenalkan mobil konsep Fine Comfort Ride. Mobil tersebut dipredikisi akan menjadi cikal bakal generasi penerus dari kendaraan hidrogen. Fine Comfort Ride diklaim mampu menempuh jarak hinga 1.000 kilometer, dengan tangki bahan bakar berkapasitas 6 kilogram. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini