Share

TOP AUTOS: Produsen Mobil Jepang Ini Belum Berniat Pasarkan Sedan di Indonesia, Kenapa?

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 26 Oktober 2017 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 26 15 1803211 top-autos-produsen-mobil-jepang-ini-belum-berniat-pasarkan-sedan-di-indonesia-kenapa-YF100a1UxS.jpg DN F-Sedan (Okezone)

TOKYO – Astra Daihatsu Motor (ADM) pada Agustus lalu atau bersamaan dengan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pernah memamerkan mobil konsep DN F-Sedan. Mobil jenis sedan itu belum diketahui kapan akan masuk jalur produksi. Namun yang pasti jika sudah diproduksi secara massal mobil tersebut tidak akan dipasarkan di Indonesia.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, survei di pasar automotif Indonesia menujukkan publik belum menginginkan sedan. Masyarakat sekarang lebih berminat terhadap mobil keluarga atau jenis multi purpose vehicle (MPV).

(Baca juga: Sedan Daihatsu Batal Mengaspal di Indonesia, Lho Kok Bisa?)

“Masyarakat Indonesia belum terlalu memilih sedan. Kalau pun dibikin, nanti volumenya tak terlalu besar,” ujar Amelia di sela pameran Tokyo Motor Show (TMS) di Tokyo, Jepang.

Meski begitu, ketika ditanya apakah pihak Jepang serius memproduksi DN F-Sedan di Indonesia, Amelia mengatakan tidak.

Ia menjelaskan bahwa memamerkan DN F-Sedan di GIIAS hanya untuk menunjukkan bahwa Daihatsu bisa memproduksi sedan. Namun fokus perusahaan automotif asal Jepang ini memastikan bahwa produksinya masih berbasis pada mobil keluarga yang bisa memuat enam orang atau lebih.

Lalu bagaimana dengan kemungkinan sedan Daihatsu diekspor saja? “Ekspor menjadi pertimbangan, tapi pada dasarnya Daihatsu selalu bikin mobil untuk pasar Indonesia dulu, baru diekspor. Jadi bukan terbalik,” ucap Amelia.

Share ekspor kita sekitar 16 persen dari total prouksi setahun. Yang tahun lalu kan 14 persenan, sekarang 16 persenan,” pungkasnya.

Mobil konsep DN F-Sedan hadir dengan tampilan eksterior yang di desain futuristic dan aerodynamic, dibalut dengan warna merah metallic dan ornamen hitam, membuat mobil ini selain terlihat elegan, juga terlihat sporty.

Desain lampu depan dan belakang yang sipit, serta daytime running lamp (DRL) yang unik, membuat mobil ini semakin terlihat agresif.

Pada sisi pintu, kendaraan konsep ini juga dibekali dengan pintu tipe bunuh diri (suicide door type), untuk mempermudah penumpang masuk ke kabin.

Menyempurnakan penampilan disematkan pelek berukuran 18 inci, menjadikan mobil sedan berkonsep hatchback ini menjadi lebih gagah.

(Baca juga: Ini Lho 2 Mobil Masa Depan Daihatsu yang Debut Internasional di Indonesia, Sedan & MPV)

Pada sisi Interior, mobil ini memiliki two tone color dengan perpaduan warna hitam dan merah yang semakin memberikan nuansa sporty di kabin. Pada sisi ruang kemudi, desain dasbor yang diusung bertemakan modern, sehingga semua fiturnya menggunakan perangkat digital disertai dengan layar lebar yang informatif. Tak hanya itu, dengan model jok yang tampil sporty namun tetap nyaman, serta panoramic roof di atap kabin, semakin menjadikan pengendara mobil ini lebih nyaman sembari menikmati pemandangan alam di luar. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini