Share

Ikuti Jejak Mercedes Benz, Mazda Coba Peruntungan di Mobil Model Estate

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 24 Oktober 2017 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 24 15 1801184 ikuti-jejak-mercedes-benz-mazda-coba-peruntungan-di-mobil-model-estate-WhSW33q4WB.JPG Peluncuran mobil Mazda (Dokumentasi EMI)

JAKARTA - Di pasar Automotif Indonesia mobil model Estate sangat jarang sekali terlihat berseliweran di jalan. Hal itu seakan menunjukkan bahwa pasar mobil di kelas tersebut sangat kecil. Model Estate tak ubahnya seperti sedan hanya saja dimensinya lebih panjang.

Dari sekian banyak agen pemegang merek (APM) yang ada di Indonesia hanya beberapa saja yang memasarkan model estate, seperti Mercedes Benz dengan E250 Estate AMG Line, C250 Estate Exclusive Line, C250 Estate AMG Line, dan Mercedes-AMG C43 Estate.

Selain Mercedes Benz, Mazda juga mencoba peruntungan di kelas yang sama dengan meluncurkan Mazda6 Estate baru-baru ini. Roy Arman Arfandy, president director PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) mengakui bahwa pasar mobil model Estate belum besar dan pemainnya pun masih sedikit.

(Baca juga: Alasan Mazda Hadirkan Model Estate meski Pasarnya Kecil)

"Belum banyak dibawa produsen lain makanya kami bawa untuk melihat bagaimana animo masyarakat terhadap tipe estate seperti ini. Karena ini (Mazda6 Estate) mobil keluarga, yang namanya mobil keluarga tentu yang diharapkan yaitu kenyamanan berkendara dan juga ruangan lebih lega untuk anggota keluarga," katanya belum lama ini.

Dipasar luar negeri lanjut Roy model Estate cukup diminati, maka pihaknya ingin melihat seberapa besar model tersebut bisa diterima oleh masyarakat di Indonesia.

"Estate pasarnya belum besar, karena ini bentuknya mirip sedan, kami juga mau edukasi selain sedan kami juga punya estate," terang Roy.

Sementara itu untuk menunjukkan eksistensi merek Mazda di Indonesia, tahun ini EMI meluncuran enam produk baru, dua di antaranya sudah meluncur yaitu CX-3 dan CX-5. Sisanya baru saja diluncurkan pada Minggu, 22 Oktober seperti Mazda3, Mazda5, Mazda6 Estate serta Mazda MX-5 RF.

"Ini merupakan janji dan komitmen kita dari awal tahun pada saat Eurokars di tunjuk menjadi distributor Mazda di Indonesia. Tujuan kami memang untuk memperkenalkan bahwa Mazda itu punya banyak model baru dan line up baru," ungkap Roy.

Dengan banyaknya model baru, kata Roy pihaknnya tidak menargetkan angka penjualan.

(Baca juga: Mazda Indonesia Perkenalkan Lima Mobil Baru Sekaligus)

"Target khusus adalah bukan dalam volume penjualan, tapi ingin membuat mayarakat tahu bahwa Mazda punya model-model yang lengkap dan juga kita bawa model yang unik dan khas seperti MX," pungkas dia. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini