Share

Catat! Kendaraan Otonom Akan Mengubah Pelayanan Transportasi dan Bangunan Rumah

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 23 Oktober 2017 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 23 15 1800689 catat-kendaraan-otonom-akan-mengubah-pelayanan-transportasi-dan-bangunan-rumah-ab95kB2Cay.jpg Ilustrasi mobil otonom (Carscoops)

NEW YORK - Sejumlah perusahaan automotif tengah menggembangkan Kendaraan otonom (tanpa sopir) yang diperuntukkan bagi transportasi umum. Jika kendaraan otonom resmi beroperasi maka diyakini tidak hanya akan merevolusi cara menggunakan transportasi umum tapi juga mengubah pola bangunan rumah dan infrastuktur di kota.

(Baca juga: Canggih! Tahun Depan, Inggris Jajal Truk Otonom di Jalan Raya)

Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh MIT for Real Estate, kendaraan transportasi umum bereknologi otonom memungkinkan pemilik rumah tidak perlu lagi membangun garasi mobil. Selain itu kebutuhan tempat parkir dipinggir jalan dapat berkurang sehingga bisa dimanfaatkan untuk membangun trotoar yang lebih lebar lagi dan jalur sepeda tambahan.

(Baca juga: Uji Coba Mobil Tanpa Sopir, General Motors Pilih Jalan Ramai)

Sementara itu Bloomberg melaporkan bahwa ada kemungkinan di masa depan pengembang perumahan tidak lagi membangun garasi, jadi akan membuat ruangan di rumah semakin luas.

(Baca Juga: Truk Tanpa Sopir Ikut Menggeliat)

Menurut Albert Saiz penulis di media tersebut menyarankan kepada memungkinkan pengembang untuk membangun kembali tempat stasiun pengisian bahan bakar, diler, dan lahan parkir khusus ketika pemilik rumah turun dari kendaraan.

(Baca Juga: Daimler Tak Sabar Uji Coba Truk 'Tanpa Sopir')

Namun pendapat yang berbeda di sampaikan oleh Regional Plan Association. Berdasarkan hasil penelitiannya, kendaraan otonom tidak akan mengubah perencanaan dan penggunaan lahan.

(Baca juga: Seperti Robot 'Star Wars', Ini Wujud Mobil Otonom Apple saat Diuji Coba)

Selanjutnya, pemerintah di seluruh dunia masih perlu memutuskan bagaimana mengatur kendaraan otonom. Selain itu pemerintah juga harus mencari solusi karena pendapatan dari parkir,dan registrasi kendaraan akan berkurang drastis. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini