Share

Diberi Bantuan Kendaraan Listrik, Menperin: untuk Mendukung Riset di Dalam Negeri

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 19 Oktober 2017 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 15 1798865 diberi-bantuan-kendaraan-listrik-menperin-untuk-mendukung-riset-di-dalam-negeri-ZH1pxVNDfF.jpg Menperin Airlangga Hartarto dan CEO Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko (Kemenperin)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Di sana Menperin melakukan pertemuan dengan sejumlah pihak, termasuk Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko di Tokyo, Selasa 17 Oktober 2017

Dalam pertemuan tersebut Menperin mengungkapkan bahwa Indonesia sedang mengkaji strategi pengembangan kendaraan listrik yang akan diproduksi oleh industri automotif di Tanah Air. Langkah ini sebagai salah satu wujud implementasi roadmap yang disusun Kementerian Perindustrian dalam fokus mendorong produksi kendaraan beremisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) sesuai tren pasar dunia saat ini yang membutuhkan kendaraan ramah lingkungan.

(Baca juga: Diproduksi di Indonesia, Komponen Lokal Mobil Listrik Tak Sebanyak Kendaraan Konvensional)

Demi memperlancar proses pengembangan mobil listrik, Mitsubishi bersedia memberikan bantuan berupa 10 unit prototipe kendaraan listrik untuk penelitian di Tanah Air.

“Kami mengapresiasi dukungan Mitsubishi yang selama ini turut memacu peningkatan daya saing dan produktivitas industri automotif di Indonesia, termasuk rencananya memberikan 10 prototipe kendaraan elektrik untuk mendukung riset di dalam negeri,” papar Menperin Airlangga Hartarto.

Ia menambahkan, Indonesia membutuhkan banyak masukan terkait langkah pengembangan platform kendaraan listrik hingga komponen dan industri pendukungnya.

"Kami sedang mendorong penelitian penggunaan electric vehicle, bukan hanya dari segi kendaraan, tetapi juga infrastruktur, charger-nya, stasiun pengisian listrik, availability-nya, dan semuanya," papar dia.

Sementara Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan yang turut mendampingi Menperin mengatakan bahwa Indonesia memiliki ribuan pemasok komponen automotif dengan skala industri kecil dan menengah (IKM).

(Baca juga: Mobil Listrik Bisa Saja Diproduksi di Indonesia, Ini Syaratnya)

"Potensi ini perlu dimanfaatkan dan dikembangkan agar terintegrasi dengan produsen automotif skala besar dalam menciptakan produk yang berkualitas dan berdaya saing," katanya. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini