Share

Mantap! Skuter Listrik Hasil Karya Anak Bangsa Siap Dipasarkan, Menteri Jonan: Ini Kita Dukung

Santo Evren Sirait, Okezone · Kamis 19 Oktober 2017 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 19 15 1798524 mantap-skuter-listrik-hasil-karya-anak-bangsa-siap-di-pasarkan-menteri-jonan-ini-kita-dukung-hEQCmk6IZl.jpg Skuter listrik buatan anak bangsa saat dijajal Mentri ESDM Ignasius Jonan (Foto: Santo E/okeone)

JAKARTA - Skuter listrik karya anak bangsa yang diberi nama GESITS mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia dalam hal ini Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Menurut Jonan, produk motor listrik yang sudah ada sekarang ini perlu diberi dukungan apalagi hasil karya anak bangsa.

"Kalau ini (GESITS) sudah jadi ini saja kita dukung. Mau riset apa lagi barangnya sudah ada," ujar Jonan, di kantor Kementrian ESDM, Jakarta Kamis (19/10/2017).

Selain memberikan dukungan, Jonan berharap supaya harga jual dari skuter listrik GESITS nantinya lebih terjangkau ketimbang sepeda motor yang menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Dengan begitu kemungkinan orang untuk membeli skuter listrik akan tumbuh.

Baca juga: Soal Industri Motor Listrik, Dirjen Kemenperin: Jangan Sampai yang Dapat Kerjaan Bukan Anak Bangsa

"Jadi saya menyarankan kalau bisa itu harga jualnya bersaing dengan motor yang menggunakan bahan bakar minyak, kalau harganya (motor listrik) jauh lebih tinggi mungkin berat untuk bersaing, tapi kalau harga sama (dengan motor konvensional) mungkin mudah untuk bersaing," terang Jonan.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir juga memberi dukungan penuh terhadap pengembangan motor listrik di Indonesia.

"Harapan kami Sebagai ‘penjual’ listrik, motor dan mobil listrik ini menjadi berkembang. Jadi kami sangat dukung," katanya.

Baca juga: Sepeda ‎Motor Listrik Boleh Diimpor, Bos Garansindo: Sama Saja Bunuh Diri

Seperti diketahui, GESITS merupakan kependekan dari Garansindo Electric Scooter ITS. Sepeda motor listrik pertama buatan nasional ini dikembangkan oleh mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dengan dukungan perusahaan swasta Garansindo Group dan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Kendaraan ini diciptakan untuk tujuan menjadi alat transportasi murah bagi masyarakat Indonesia berbasis kemandirian sistem transportasi nasional yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca juga: Diproduksi 100 Ribu Unit per Tahun, Skuter Listrik Made In Bogor Ini Bakal Go International

Nantinya skuter listrik GESITS akan diproduksi di salah satu fasilitas di kawasan industri terpadu PT WIKA (Persero) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Pada tahap awal WIKA Industri dan Konstruksi akan memproduksi 50 ribu unit GESITS per tahun yang akan dimulai pada 2018. Kapasitas produksi ke depannya akan ditingkatkan menjadi 100 ribu unit.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini