Share

Keren! Bus Hidrogen Ini Debut di Tokyo Motor Show dan Akan Dipakai saat Olimpiade

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 18 Oktober 2017 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 18 15 1798097 keren-bus-hidrogen-ini-debut-di-tokyo-motor-show-dan-akan-dipakai-saat-olimpiade-MF7pQW2ZWK.jpg Toyota Sora (Carscoops)

TOKYO - Toyota Sora direncanakan akan melakukan debut di Tokyo Motor Show 2017, di Jepang. Bus bertenaga hidrogen (fuel cell) ini masih dalam bentuk konsep, tapi Toyota berencana memproduksinya sebanyak 100 unit untuk digunakan di jalan perkotaan, terutama pasa saat berlangsungnya Olimpiade di Jepang pada 2020.

(Baca juga: Bus Hidrogen Toyota Dapat Warisan Teknologi dari Mobil Mirai)

Diberitakan Carscoops, powertrain dari bus tersebut sama seperti yang digunakan oleh Toyota Mirai. Tidak hanya bisa menggerakkan roda, sistem tersebut juga bisa berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menyalakan listrik rumah dalam kondisi darurat atau tengah dilanda bencana.

Kabin Sora dirancang sedemikian rupa agar penumpang dan pengemudi merasa nyaman. Bangku bisa dilipat sehingga memberikan ruang lebih untuk penumpang yang menggunakan kursi roda dan membawa kereta bayi. Ada juga fungsi kontrol akselerasi, yang membuat laju kendaraan tetap lembut ketika pengemudi melakukan pengereman, jadi tidak ada hentakan.

Selain itu Toyota juga melengkapi Sora dengan delapan kamera baik di luar maupun di kabin yang dapat mempermudah pengemudi mengawasi penumpang. Tidak cuma itu, bus ini memiliki fitur berteknologi tinggi yang membuatnya berhenti tepat di depan halte.

Bus setinggi 34 kaki ini memiliki kabin yang mampu menampung hingga 78 penumpang (22 duduk dan 56 berdiri). Bus ini terlihat sangat bagus dan nyaman dibanding bus kota lainnya.

(Baca juga: Produsen Jepang Ini Kembangkan Mobil Hidrogen, yang Lain Hanya Fokus Kendaraan Listrik)

Mobil hidrogen merupakan andalan Toyota untuk bersaing di segmen kendaraan ramah lingkungan. Toyota tidak mengunggulkan mobil murni listrik di segmen ini. Tenaga hidrogen dianggap lebih efisien, selain gas hidrogen mudah didapat, daya jelajah dan pengisian ulang tangki lebih cepat ketimbang mobil bertenaga listrik murni. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini