Share

Tak Mau Kalah, Delphi dan BlackBerry Kembangkan Perangkat Lunak untuk Mobil Otonom

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 25 September 2017 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 25 15 1782329 tak-mau-kalah-delphi-dan-blackberry-kembangkan-perangkat-lunak-untuk-mobil-otonom-D67pKfTZYM.jpg Delphi Blackberry (Carscoops)

OTTAWA - Sejumlah perusahaan penyedia perangkat lunak untuk komputer telah menjalin kerjasama dengan beberapa pabrikan mobil untuk mengembangkan sistem otonom atau dapat menyetir sendiri. Seakan tak mau ketinggalan, BlackBerry mengumumkan telah menjalin kemitraan dengan Delphi Automotive untuk mengembangkan sistem operasi yang sama.

sebelumnya Delphi Automotive telah mengembangkan perangkat lunak tersebut yang diberi nama CSLP. Rencananya perusahaan akan menjualnya ke produsen mobil dan transportasi mulai 2019. Namun perangkat tersebut tidak memiliki sistem operasi yang andal, disinilah peran BlackBerry untuk menyempurnakannya. BlackBerry akan memberikan sistem operasi lanjutan yang sesuai dengan standar keselamatan tinggi di sistem Delphi CSLP.

(Baca juga: Seperti Robot 'Star Wars', Ini Wujud Mobil Otonom Apple saat Diuji Coba)

"BlackBerry QNX akan menyediakan infrastruktur perangkat lunak yang kuat untuk CSLP dan membantu memajukan sistem penggerak otonom Delphi. Standar keselamatan dalam sistem komputerisasi sangat penting untuk solusi mengemudi otonom siap produksi," ujar Chief Technology Officer Delphi, Glen De Vos seperti dikutip dari Carscoops.

De Vos menambahkan bahwa pihaknya ingin memulai uji coba sistem penggerak otonomnya dengan mobil pada 2019. Pada tahun 2020, perusahaan bermaksud untuk menguji kendaraan yang dapat bergerak sendiri tanpa sopir dan penumpang sama sekali dikabin.

Keterlibatan BlackBerry dalam mengembangkan perangkat lunak untuk mobil otonom bisa dikatakan kalah cepat dengan perusahaan teknologi lainnya, sebut saja salah satunya Apple.

Apple sudah sejak lama mengembangkan teknologi kendaraan otonom yang diberi nama Proyek Titan. Kedepannya Apple ingin menjual teknologi ini ke perusahaan automotif dan masuk ke bisnis penyewaan kendaraan otonom berbasis aplikasi, seperti akan dilakukan Uber.

(Baca juga: Nvidia Mendapat Izin Uji Mobil yang Bisa Mengemudi Sendiri)

Apple berambisi untuk membuat mobil sendiri. Produsen iPhone ini merekrut 1.000 insiyur untuk merampungkan proyek Titan itu. Sempat santer tersebar kabar bahwa Apple mengubah strategi dengan fokus membuat teknologi otonom, tidak membuat mobil. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini