Share

Ingin Jadi Produsen Mobil Terbesar di Dunia, Raksasa Automotif Korsel Bakal Beli FCA

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 22 September 2017 12:56 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 22 15 1780787 ingin-jadi-produsen-mobil-terbesar-di-dunia-raksasa-automotif-korsel-bakal-beli-fca-eDlletmwAR.jpg Hyundai beli FCA (Carscoops)

WASHINGTON - Raksasa automotif asal Korea Selatan, Hyundai tertarik untuk mengakuisisi Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Tujuannya, selain memperluas jaringan, Hyundai ingin menjadi produsen mobil terbesar di dunia.

Seorang analis dari Eugene Investment & Securities, Lee Jae-il, mengatakan kepada The Korea Herald yang dikutip ulang Carscoops bahwa Hyundai dapat memperoleh keuntungan besar dari pembelian FCA dan membantu memperluas operasinya di seluruh Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

(Baca juga: Duuh, Produsen Mobil China Ini Ngebet Beli Merek Jeep meski Tak Dijual)

"Hyundai menolak merger, tapi kebutuhan untuk mengakuisisi perusahaan lebih tinggi dari sebelumnya karena krisis di pasar China dan AS. Kemungkinan produsen mobil China Great Wall Motors mengakuisisi Jeep, dan Hyundai Motor juga muncul sebagai pembeli potensial," kata Jae-il.

Hubungan erat antara Hyundai dan FCA pertama kali muncul bulan lalu saat dilaporkan bahwa Sergio Marchionne, chief executive officer secara aktif mencari merger dengan produsen mobil besar asal Asia. Spekulasi tersebut datang tidak lama setelah China Great Wall Motor mengatakan tertarik untuk membeli merek Jeep.

Analis mengungkap Hyundai harus mengeluarkan dana sekira USD9,83 miliar atau setara dengan Rp130 triliun untuk mengakuisisi FCA. Namun, jika ingin membelinya tanpa Maserati atau produsen komponen Magneti Marelli, harganya bisa mencapai sekitar USD4,95 miliar atau Rp65 triliun.

Namun, tidak semua orang percaya bahwa langkah Hyundai untuk membeli FCA itu akan menjadi keputusan yang bagus.

"Hyundai akan menghadapi lebih banyak kendala jika membeli FCA secara keseluruhan. Fiat terutama memproduksi mobil kecil, yang tumpang tindih dengan kendaraan buatan Kia Motors di segmen A, B, dan C," kata salah seorang dalam Hyundai.

Sebelumnya, Great Wall Motors menyatakan ketertarikannya untuk membeli merek kendaraan asal AS, Jeep yang kini berada di bawah naungan perusahaan aliansi Amerika-Italia, FCA. Dengan membeli merek Jeep, Great Wall bisa menjadi pemain utama mobil di segmen sport utility vehicle (SUV).

"Kami sangat tertarik dengan merek Jeep dan sudah lama menginginkan itu. Tujuan strategis kami adalah menjadi produsen SUV terbesar di dunia. Jeep sudah dikenal secara global sebagai merek SUV. Dengan begitu memungkinkan perusahaan mencapai tujuan lebih cepat dan lebih baik," kata juru bicara Great Wall.

(Baca juga: Chrysler Tepis Hengkang dari Jepang meski Penjualannya Anjlok)

Belum ada komentar dari pihak Jeep soal keinginan tersebut. Namun yang jelas CEO FCA Sergio Marchionne belum pernah menyampaikan pernyataan bakal menjual merek Jeep. Dia juga mengatakan pada April lalu bahwa produsen mobil itu sudah cukup kuat untuk berdiri sendiri. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini