Share

Catat! Ini 7 Perbedaan Mesin Diesel dengan Bensin

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 20 September 2017 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 20 15 1779757 catat-ini-7-perbedaan-mesin-diesel-dengan-bensin-kABiLWEOkK.jpg (Foto: Santo/Okezone)

BEKASI - Secara umum ada dua jenis mesin bakar yang digunakan saat ini, yaitu bensin dan diesel. Masing-masing memiliki ciri khas dan keunggulan. Mesin diesel dikenal bandel sehingga digunakan pada kendaraan-kendaraan komersial untuk mengankut banyak barang serta mampu melahap medan menanjak. Di samping itu, masih banyak keunggulan dari mesin diesel.

Reiner Tandiono, sales support department head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), berbagi penjelasan singkat tentang keunggulan mesin diesel. Berikut tujuh keunggulan mesin diesel:

1. Mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. Hal ini berarti bahwa penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis dibandingkan mesin bensin.

2. Tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter. Hal ini berarti kemungkinan kesulitannya lebih kecil daripada mesin bensin.

"Enggak perlu busi karena dia (diesel) terbakar sendiri begitu disempot bahan bakar. Kesulitan kecil, biaya perawatannya juga kecil dibandingkan bensin," terang Reiner.

3. Momen pada mesin diesel juga tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas.

Dijelaskan Reiner, itu berarti torsinya rata-rata sama dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Torsi pada mobil diesel tetap, namun setiap merek terkadang menerapkan setting yang berbeda.

4. Tekanan pembakaran maksimum hampir dua kali dari mesin bensin. Hal ini berarti suara dan getaran mesin diesel lebih besar.

"Memang suara diesel lebih besar dan getaran juga lebih besar dibandingkan bensin. Namun dengan adanya commonrail lebih banyak berkurang suara bisingnnya," jelas dia.

5. Tekanan pembakarannya lebih tinggi sehingga mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan akan tekanan tinggi serta harus mempunyai struktur yang sangat kuat.

Meski kapasitas mesin atau kubikasi (cc) sama dengan mesin bensin, tapi tenaga yang dihasilkan mesin diesel lebih besar.

6. Mesin diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar yang presisi.

7. Mesin diesel mempunyai perbandingan kompresi yang lebih tinggi dari mesin bensin dan membutuhkan gaya lebih besar untuk memutarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini