Share

Edan! Kendaraan Listrik Terbesar di Dunia Ini 'Gendong' Baterai 4,5 Ton

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 21 September 2017 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 20 15 1779737 edan-kendaraan-listrik-terbesar-di-dunia-ini-gendong-baterai-4-5-ton-H70y29s0mD.jpg Dump truck Komatsu (E-Dumper)

JENEWA - Tenaga listrik saat ini baru banyak diaplikasikan pada kendaraan penumpang. Tidak banyak kendaraan niaga yang sudah menggunakannya. Umumnya kendaraan niaga bertenaga listrik berukuran kecil, seperti van.

Tapi kini beberapa perusahaan, seperti Komatsu dan Belaz, sedang menyiapkan dump truck yang penggeraknya sudah menggunakan listrik. Hanya saja, untuk menghasilkan listrik, kendaraan-kendaraan pertambangan yang besarnya seukuran rumah itu masih memanfaatkan mesin konvensional yang berfungsi sebagai generator.

(Baca Juga: Ini Dump Truck Bermesin Hybrid Terbesar di Dunia)

Belaz memiliki dump truck listrik Belaz-75710 yang dilengkapi dengan empat motor masing-masing bertenaga 1.200 kW atau setara dengan 1.632 hp untuk menggerakkan setiap roda. Tenaga itu sudah cukup untuk menggerakkan truk berbobot 810 ton ini.

Tapi ada satu dump truck yang dibuat oleh dua perusahaan asal Swiss yakni E-Dumper. Bebeda dengan dump truck dari Belaz yang masih menggunakan mesin konvensional, E-Dumper sudah digerakkan sepenuhnya dengan listrik dari baterai. E-Dumper mampu mematahkan anggapan bahwa kendaraan niaga bisa bertenaga full electric.

Tidak tanggung-tanggung, untuk memasok listrik, dump truck ini menggunakan baterai 700 kW seberat 4,5 ton. Demikian dikutip dari Autoevolution.

E-Dumper merupakan dump truck prototipe hasil kerja sama dua perusahaan yakni Kuhn AG dari Swiss dan Lithium Storage GmBH. Kedua perusahaan ini sebenarnya ditunjuk oleh Ciment Viger SA untuk mengembangkan penggerak listrik untuk dump truck milik Komatsu, yakni model 605 HD. Perusahaan Jepang itu ingin menggantikan mesin diesel pada kendaraannya dengan tenaga listrik.

Teknologi penggerak listrik ini sudah hampir rampung dan siap digunakan pada Komatsu 605 HD yang dioperasikan di Swiss. Kendaraan ini dapat mengangkut beban hingga 65 ton.

Hebatnya, teknologi drivetrain pada E-Dumper dapat memproduksi listrik sendiri. Saat melewati jalan menurun di pertambangan, sistem akan mengisi ulang baterai. Tenaga yang dihasilkannya mampu mengantarkan truk membawa muatan untuk menanjak kembali, bahkan lebih.

Laboratorium Federal Swiss untuk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi memperkirakan E-Dumper mampu menghasilkan listrik secara mandiri sebesar 40 kWh dari setiap kali melintasi jalan menurun. Dalam sehari, dump truck ini bisa menuruni pertambangan 20 kali. Itu artinya, E-Dumper memiliki surplus tenaga 200 kWh per hari sehingga menjadikannya tidak hanya sebagai alat angkut pertambangan yang ramah lingkungan, tapi juga menjadi power bank raksasa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini