Share

TOP AUTOS: Pilar Mobil Tembus Pandang, Inovasi untuk Cegah Kecelakaan Pejalan Kaki

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 23 Agustus 2017 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 15 1761824 top-autos-pilar-mobil-tembus-pandang-inovasi-untuk-cegah-kecelakaan-pejalan-kaki-ZIueGgNH1F.jpg Ide Toyota pilar A transparan (Paultan)

CALIFORNIA - Keleluasaan pandangan atau visibilitas sangat dibutuhkan ketika mengemudikan mobil. Sedikit saja kehilangan pandangan saat mengemudi dapat berakibat fatal. Berangkat dari masalah tersebut, Toyota mengajukan hak paten ke Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat untuk pilar A (tiang mobil paling depan) yang tembus pandang.

Pilar A merupakan salah satu yang membuat visibilitas pengemudi berkurang. Meski hanya pilar kecil, namun keberadaannya cukup merepotkan apalagi jika mobil bersinggungan dengan pejalan kaki. Di lain pihak, keberadaan pilar A juga untuk juga mendukung keselamatan penumpang.

(Baca juga: Kreatif! Cermin Bisa Bikin Pilar Mobil Tembus Pandang)

Umumnya teknologi tembus padang pada produk automotif memanfaatkan kamera. Gambar yang ditangkap kamera dilanjutkan ke layar yang terdapat di bagian depan. Namun cara kerja fitur yang dikembangkan Toyota cukup sederhana.

Toyota membuat teknologi pilar transparan dengan memanfaatkan cermin yang disebut dengan ‘alat penyembunyi’. Cermin didesain sedemikian rupa sehingga mampu memantulkan gambar di balik pilar. Fungsinya menjadi ‘mata’ pengemudi untuk mengetahui obyek apa yang ada di baliknya. Dengan cermin itu seolah-olah pilar menjadi tembus pandang.

Toyota sudah mengajukan paten tersebut sejak Juni 2016 namun baru dipublikasikan oleh Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat beberapa hari lalu.

(Baca Juga: Canggih! Pejalan Kaki Bakal Aman jika Tertabrak Mobil, Berikut Penjelasannya)

Tidak disebutkan kapan Toyota akan merealisasikan teknologi ini ke mobil versi produksinya. Jika terealisasi, teknologi ini akan sangat membantu para pengemudi. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini