Share

Bisa Nyetir Sendiri, Mobil Canggih Ini Siap Antar Lansia Kemana pun

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 23 Agustus 2017 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 15 1761795 bisa-nyetir-sendiri-mobil-canggih-ini-siap-antar-lansia-kemana-pun-S7C4B4dkj1.jpg Mobil otonom RDM Automous (Caradvice)

SYDNEY - Sebuah perusahaan penyedia jasa perawat lansia di Australia, IRT Group, menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi yang berbasis di Inggris, RDM Autonomous. Kerjasama itu difokuskan untuk mengembangkan mobil tanpa sopir atau berteknologi otonom khusus untuk kalangan lanjut usia (lansia).

Australian Aging Agenda (AAA) melaporkan bahwa RDM Autonomous baru saja memebuka kantor cabang di Australia selatan. Bersama dengan IRT Group mereka akan ke rumah-rumah warga berusia lanjut untuk memperkenalkan mobil otonom. Rincian mengenai program tersebut akan diumumkan saat konferensi Information Technology in Aged Care (ITAC) 2017 di Gold Coast pada akhir November.

(Baca juga: Butuh Waktu Panjang Hadirkan Mobil Otonom di Indonesia)

Sebagai awalan, rencananya perusahaan akan membawa mobil otonom yang diberi nama Pod Zero RDM untuk menjalani pengujian di IRT’s Kangara Waters, Canberra.

Winston Mitchell, project coordinator IRT IT, mengatakan, "Percontohan teknologi otonom di lingkungan orang-orang yang sudah lanjut usia belum pernah dilakukan. IRT memahami bagaimana mobil tanpa sopir dapat memperbaiki kualitas hidup warga."

Pod Zero dirancang sedemikian rupa sehingga dapat berjalan sendiri dengan aman.

"IRT bermaksud untuk memastikan bahwa orang Australia yang sudah tua bisa merasakan teknologi terbaru. Sebenarnya, kami berencana membuat mereka lebih dulu merasakan sekaligus memanfaatkan teknologi yang menarik ini," tambahnya Mitchell.

(Baca juga: Demi Mobil Tanpa Sopir, BMW, Intel & FCA Bersatu)

Tidak hanya menyiapkan kendaraan saja, kedua belah pihak juga melakukan pelatihan kepada karyawannya supaya dapat mendampingi dan memberikan arahan kepada lansia yang akan menaiki mobil.

Dikatakan Yasoda Poudel, care manager Kangara Waters, adanya mobil otonom dapat membantu lansia untuk pergi kemana pun tanpa harus mengemudi.

"Biasanya kami mengandalkan salah seorang anggota keluarga atau staf kami untuk membantu lansia jika ingin berpergian. Namun dengan mobil tanpa sopir memungkinkan setiap warga dapat hidup mandiri dan bisa terhubung dengan masyarakat di tempat lain tanpa bergantung pada pihak ketiga," kata Poudel.

Ia menambahkan begitu mobil otonom dapat digunakan di jalan umum, maka penduduk yang sudah lanjut usia dapat dengan mudah mengunjungi keluarga mereka lebih sering. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini