Share

Musim Panas, Jangan Abai Mengecek Wiper Mobil!

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 22:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 15 1761060 musim-panas-jangan-abai-mengecek-wiper-mobil-f8toh9Blpo.JPG Ilustrasi wiper mobil (Motorbeam)

JAKARTA - Wiper butuh perawatan sama seperti komponen lain di mobil. Wiper pada kaca mobil kerap kurang diperhatikan padahal perannya penting dalam membersihkan dan menyapu air di kaca depan dan belakang.

Perawatan tak hanya dilakukan di musim hujan, tapi juga di musim panas seperti saat ini, terutama bagian karet dan motornya.

Kotoran serta debu yang menempel di karet wiper atau permukaan kaca mobil bisa memperpendek jarak pandang. Bukan tak mungkin mobil bisa mengalami kecelakaan. Karena itu disarankan sebelum mobil digunakan beraktivitas, cek wiper terlebih dulu. Pastikan tidak ada debu dan kotoran yang menempel.

Bila ada debu atau ktoroan, angkat wiper-nya lalu bersihkan menggunakan kain lembut.

Selain itu pemilik mobil juga harus bisa mengenali ciri-ciri wiper yang sudah rusak. Kerusakan bisa diketahui dari bunyi motor wiper yang janggal ketika menyapu air.

Sementara itu untuk kerusakan pada saklar, bisa diketahui pada saat wiper dinyalakan dan sedang di posisi atas. Matikan kontak, maka wiper akan tetap menggantung.

Pada saat mobil diparkir di tempat terbuka, lebih baik wiper diangkat supaya karet tidak menempel di kaca mobil. Namun perlu diketahui mengangkat wiper saat parkir juga berisiko. Kerusakan mungkin tidak menimpa karetnya, tapi lebih ke per di bawah tangkai wiper. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini