Share

TOP AUTOS: Unik, Tunggu Gerhana Matahari untuk Mengungkap Sosok SUV Eclipse Cross

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 18 Agustus 2017 23:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 15 1758762 top-autos-unik-tunggu-gerhana-matahari-untuk-mengungkap-sosok-suv-eclipse-cross-d734RRlo3S.jpg Mitsubishi Eclipse Cross (Foto:Automonitor)

DETROIT - Mobil konsep Mitsubishi Eclipse Cross resmi diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show, Swiss, pada Maret 2017. Produsen mobil asal Jepang itu masih menyembunyikan spesifikasi lengkap dari mobil sport utility vehicle (SUV) tersebut. Hanya ada beberapa fitur saja yang sudah dibocorkan.

Rencananya, sang pabrikan tiga berlian akan merilis spesifikasi detail Eclipse Cross untuk pasar Amerika Utara pada 21 Agustus 2017. Tanggal tersebut sengaja dipilih karena bertepatan dengan peristiwa gerhana matahari, sesuai dengan arti dari nama mobil itu sendiri.

Tak hanya itu, Mitsubishi juga akan melakukan live stream penampakan Elipse Cross dari Salem, Oregon, Amerika Serikat, tepat saat bulan menutupi matahari. Tujuannya, Mitsubishi ingin menangkap penampakan mobil dan fenomena alam yang langka ini dalam satu frame gambar.

Eclipse Cross sendiri akan menjadi andalan Mitsubishi di segmen compact SUV. Mobil ini akan diposisikan antara Outlander dan Outlander Sport.

Eclipse Cross memiliki desain depan 'X' yang mengambil dari model Outlander. Bedanya tampilan depan Eclipse Cross lebih tajam ketimbang Outlander. Penggunaan garis-garis tegas juga mendominasi eksterior mobil ini, seperti pada atap di mana garisnya menurun secara dinamis ke belakang.

Sebagaimana pada mobil Mitsubishi lainnya yang mengusung desain baru, ada dua lampu berukuran besar yang diletakkan di kap dan masing-masing sisi bumper. Desain lampu ini mengingatkan kita pada model small MPV Xpander yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Bedanya Xpander memiliki satu baris lampu lagi yakni fog lamp di bumper bawah.

Bukan Mitsubishi namanya kalau tidak menggunakan desain lampu nyeleneh. Lampu belakang membentuk sudut seperti segitiga yang dikombinasikan dengan desain kaca belakang dua lapis. Selain kaca utama, ada juga pelapis bagian pintu bagasi.

Di interior, sistem infotainment terpasang di konsol tengah dengan pengoperasian melalui sentuhan jari. Instrument cluster tampil modern menghadirkan nuasan teknologi tinggi.

Sejauh ini Mitsubishi belum mengumumkan secara resmi jantung penggerak yang dipasangkan pada Eclipse Cross untuk pasar Amerika. Namun untuk Eropa, Eclipse Cross akan mengusung mesin 1,5 liter, 4 silinder, turbocharged, dengan transmisi CVT. Pilihan lain adalah mesin 2,2 liter turbodiesel dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan.

Tenaga dari mesin belum diungkap, namun sistem penggeraknya menggunakan 4WD. Informasi spesifikasi detail untuk pasar Amerika akan diungkap saat gerhana matahari.

Pasar Eropa akan kedatangan lebuh dulu yakni pada awal 2018, menyusul kemudian Amerika, Jepang, dan negara Asia lainnya. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini