Share

HARI MERDEKA: Deretan Mobil Dinas Bung Karno (2-Habis), Buick 8 Rampasan dari Jepang

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 17 Agustus 2017 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 17 15 1757766 hari-merdeka-deretan-mobil-dinas-bung-karno-2-habis-buick-8-rampasan-dari-jepang-cJtXe8CY5t.jpg Buick 8 Bung Karno saat mogok di Yogyakarta (Istimewa)

JAKARTA - Bicara tentang mobil dinas mobil Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno, tidak akan ada habisnya. Mobil yang digunakan Sang Proklamator cukup banyak. Namun tidak semuanya dibeli oleh negara, melainkan ada yang merupakan hadiah dari kepala negara lain.

(Baca Juga: HARI MERDEKA: Deretan Mobil Dinas Bung Karno (1), Ada Pula Hadiah dari Presiden Uni Sovyet)

Presiden Soekarno diketahui pernah mendapat hadiah mobil limusin eksklusif dari Presiden Uni Sovyet Nikita Khrushchev pada 1961 yakni Yanka Limousine Chica buatan 1959. Di samping itu Bung Karno juga mendapat hadiah mobil dari Presiden Amerika Serikat John F Kennedy, yakni Chrysler LeBaron Limousine. Tepatnya, hadiah itu merupakan barter atas pembebasan agen Central Intelligent Agency (CIA), Allen Pope.

Namun ada mobil lain yang tak kalah menyita perhatian, yakni Buick 8 Limited Edition. Mobil tersebut digunakan Bung Karno di awal masa pemerintahannya atau setelah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Mobil dinas pertamanya itu merupakan hasil rampasan dari Jepang, tepatnya dari pegawai Djawatan Kereta Api. Seorang pemuda bernama Soediro lah yang mengambil paksa mobil mewah di zamannya itu dari sopir pejabat Jepang. Karena mengetahui mobil akan digunakan Bung Karno, ia merelakannya kepada Soediro.

Soediro mengambil mobil itu karena dianggap paling cocok untuk mendampingi Bung Karno menjalankan tugas kenegaraan. Apalagi, Buick 8 disebut-sebut sebagai mobil terbaik yang dimiliki pejabat Jepang yang bertugas di Indonesia saat itu.

Diproduksi terbatas, Buick 8 ini dibuat sebanyak 1.451 unit untuk seluruh dunia oleh anak perusahaan General Motors (GM), Buick, pada 1939.

Jantung penggeraknya dipersenjatai mesin 5.247 cc. Di setiap silindernya terdapat 8 silinder lagi dengan 2 katup. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 141 hp pada putaran 3.600 rpm.

Lebih lanjut, di samping mobil-mobil tadi ada beberapa mobil lain juga menjadi teman Bung Karno, baik buatan Eropa maupun Amerika.

Di antara mobil buatan Amerika adalah Chrysler Imperial tahun 1938, Cadillac 48, Cadillac Fleetwood 75 Limo, Chaika Gaz 13, Chrysler Crown Imperial, Chrysler Windsor, Oldsmobile 98, Lincoln Cosmopolitan, serta Mercedes-Benz 600 dan Zil 111.

Zil 111 yang pernah digunakan Bung Karno berbeda dengan mobil kepresiden RI lainnya yang berasa dari Amerika, Zil 111 dibuat oleh pabrikan Zil dari Rusia. Hingga saat ini, mobil itu masih dalam kondisi apa adanya. Karena itu bodinya tak dicat dan terlihat mengelupas di beberapa bagian.

Diketahui Zil 111 diproduksi pada 1950-an. Desain bodi sangat mirip mobil Amerika dengan bentuk limusin yang khas. Zill 111 dibekali mesin berkapasitas 6 liter, V8, yang dipadukan dengan sistem transmisi dua percepatan otomatis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini