Share

Dukung Vokasi Industri, TMMIN Donasikan 11 Mobil dan 74 Mesin ke SMK di Jabar

Mufrod, Okezone · Jum'at 28 Juli 2017 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 28 15 1745913 dukung-vokasi-industri-tmmin-donasikan-11-mobil-dan-74-mesin-ke-smk-di-jabar-o7n2RGZarL.jpg Presdir TMMIN Warih serahkan donasi alat peraga (Foto: TMMIN)

JAKARTA – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengukuhkan komitmennya untuk bekerja sama dengan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat dengan secara simbolis menyerahkan bantuan 142 unit alat peraga pendidikan yang terdiri dari 11 mobil, 74 mesin, dan 57 transmisi kepada 39 SMK di Jawa Barat. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono.

Ini merupakan bentuk dukungan Toyota Indonesia terhadap Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri dalam Rangka Membangun Link and Match Antara SMK dan Industri Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian di Cikarang.

“TMMIN berkomitmen turut berperan aktif dalam program pemerintah di bidang peningkatan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) industri. Kami percaya bahwa SDM industri yang mumpuni yang berdaya saing global merupakan landasan utama dalam upaya memperkuat industri nasional,” ujar Warih, melalui keterangan resminya, Jumat (28/7/2017).

Program Vokasi Industri sendiri bertujuan mencetak SDM yang memiliki keterampilan siap kerja. Program ini akan memberikan pengembangan kemampuan seperti pendalaman keterampilan dasar dan praktik langsung di pabrik TMMIN. Jurusan yang ditawarkan antara lain manufaktur automotif seperti logistik, pemeliharaan (maintenance), percetakan (moulding), dan manajemen produksi.

Saat ini TMMIN memiliki kapasitas 100 pelajar, pencari kerja, dan pekerja dalam Program Vokasi Industri. Ke depannya, TMMIN berencana menambah kapasitas peserta menjadi 400 pelajar, pencari kerja, dan pekerja.

Sebanyak 42 pelatih bersertifikat Toyota diterjunkan untuk membentuk kurikulum kelas dan praktik serta melakukan pengajaran bagi peserta program Vokasi Industri di TMMIN. Dua dari pelatih ini memiliki sertifikat Master Trainer dan memiliki tugas tambahan untuk membentuk pelatih-pelatih baru. Para peserta program Vokasi Industri di TMMIN nantinya akan menerima sertifikasi BNSP dan atau Toyota sesuai dengan jurusan yang dipilih.

“Program Vokasi Industri merupakan cara untuk mendukung pesatnya perkembangan industri di Indonesia yang membutuhkan SDM industri yang siap kerja. Di mana setiap SDM wajib memiliki sertifikasi keahlian tertentu sehingga dapat menjawab tantangan kesenjangan dengan tingginya kebutuhan pelaku industry akan tenaga ahli yang sudah teruji di bidangnya masing-masing,” ujar Direktur Administration, Corporate & External Affairs TMMIN, Bob Azam.

TMMIN sendiri telah menjalankan beragam aktivitas pengembangan SDM internal. Selain pelatihan reguler dan kontes keterampilan di tingkat domestik, regional, dan global untuk karyawan, TMMIN juga mengembangkan dan menjalankan tiga pusat pelatihan dan pendidikanya yaitu Toyota Learning Center (TLC).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini