Share

Mesin Lexus LC 500 5.000 Cc tapi Top Speed-nya 270 Km/Jam, Kenapa?

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 27 Juli 2017 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 27 15 1744936 mesin-lexus-lc-500-5-000-cc-tapi-top-speed-nya-270-km-jam-kenapa-arfF52l0JC.jpg Lexus LC 500 (Leftlanenews)

JAKARTA - Mobil sport coupe Lexus LC 500 resmi masuk ke pasar Indonesia setelah versi konsepnya, LF-LC, diperkenalkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) dua tahun silam.

(Baca Juga: Mobil Sport Coupe Lexus LC 500 Haadir di Indonesia)

Mobil ini mengusung desain baru yang diharapkan mengubah persepsi konsumen tentang merek premium Lexus. Tak heran jika fitur-fitur inovatif disematkan pada mobil dua pintu ini. Sebut saja, roda belakang yang juga bisa belok untuk mengurangi radius putar, door handle model flush, dan lainnya.

(Baca Juga: LC 500, Mobil Lexus Pertama yang Roda Belakangnya Bisa Ikut Belok)

Namun ada hal lain yang memancing pertanyaan, yakni di bagian performa. Mobil ini dilengkapi mesin 5.000, persisnya 4.969 cc. Namun tenaganya dibatasi menjadi hanya 470 hp. Imbasnya pun ke kecepatan maksimum yang dibatasi menjadi 270 kilometer per jam saja.

"Sekarang ini trennya adalah mobil-mobil dibuat dengan engine yang kecil tapi powernya dipaksa. Sehingga untuk mencapai power yang tinggi mobilnya harus stres. Nah, LC 500 dibuat dengan mesin 5.000 cc, V8, tapi dalam kondisi understress. Karena dia memiliki horse power 470. Sebenarnya dengan kapasitas mesin 5.000 ini dia mampu (menghasilkan tenaga) lebih dari itu," ujar General Manager Lexus Indonesia, Adrian Tirtadjaja, di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya lagi, Lexus LC 500 dibuat kebalikannya. Mesinnya tidak dibuat stres dan tidak dipaksa yang dampaknya bisa overheat. Tapi mesin LC 500 naturally aspirated di mana penggunanya tetap bisa merasakan aroma mobil sport.

"Tapi mobil di-setting dengan kondisi yang enggak memaksa. Sehingga di-setting kecepatam maskimalnya di 270 kilometer per jam. Padahal dia bisa jauh di atas itu. Sehingga kita bisa bilang mesin ini powerfull tapi juga berbobot karena dibuat understress. Powernya besar tapi enggak maksa," ungkap Adrian.

Untuk mendukung performa mesin, sistem transmisi otomatis 10 percepatan diaplikasikan. Ini merupakan tingkat perpindahan gigi terbanyak pada model Lexus yang diklaim bisa menyajikan kenyamanan lebih kepada penggunanya.

"Ini adalah yang pertama di dunia Lexus membuat transmisi dengan 10 speed. Ini adalah the world fastest gear shifting. Jadi kalau kita lihat pergantian giginya lebih cepat lagi. Jadi tidak ada jeda antara gear satu dengan sebelumnya. Ini membuat Lexus LC 500 dengan santai dikendarai, performanya tinggi, tapi nyaman," urainya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini