Share

TOP AUTOS: Tak Ada Lagi Mobil Bensin & Diesel yang Dijual di Inggris Mulai 2040

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 26 Juli 2017 23:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 26 15 1744618 top-autos-tak-ada-lagi-mobil-bensin-diesel-yang-dijual-di-inggris-mulai-2040-gNFbssvIe6.jpg Ilustrasi macet di jalan raya (Tomorrowspapper)

LONDON - Pemerintah Prancis belum lama ini menargetkan bahwa negaranya harus bebas polusi pada 2050. Oleh karena itu diiambil kebijakan mulai 2040 tidak ada lagi produsen yang menjual mobil bermesin diesel dan bensin. Kebijakan tersebut pun juga akan dilakukan Inggris yakni pelarangan penjualan mobil bermesin bensin dan diesel mulai 2040.

Surat kabar Inggris, The Times, seperti dikutip kembali oleh Reuters, menyebutkan, tujuan dari pelarangan penjualan mobil yang ditenagai mesin konvensional ini adalah untuk membersihkan udara Inggris dari polusi. Mobil-mobil yang dipasarkan nantinya harus menggunakan motor listrik.

Bahkan, mobil hybrid pun masuk dalam skema kendaraan yang bakal dilarang dijual mulai 2040 di Inggris. Diketahui, mobil hybrid menggunakan dua penggerak yakni mesin bensin atau diesel yang dikombinasikan dengan motor listrik.

Sementara itu Daily Mail melaporkan, dalam usulan peraturan tersebut juga disebutkan bahwa Pemerintah Inggris akan melakukan langkah-langkah pendahuluan sebelum pelarangan ini resmi berlaku pada 2040. Mobil-mobil bermesin bensin dan diesel akan dilarang masuk ke daerah-daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi mulai 2020.

Dengan diberlakukannya aturan ini praktis hanya ada mobil listrik yang akan beredar di Inggris pada 23 tahun mendatang. Penggunaan mobil listrik pun saat ini sudah marak, meski jumlahnya masih jauh jika dibandingkan dengan kendaraan bermesin konvensional.

Pabrikan automotif secara perlahan mulai memperkenalkan dan meluncurkan produk-produk full electric mereka. Bahkan beberapa merek sudah sesumbar akan berhenti menjual mobil yang sepenuhnya mengandalkan mesin konvensional, seperti Volvo. Mulai 2019, setiap model kendaraan baru yang diluncurkan oleh produsen mobil premium Swedia itu sudah menggunakan mesin hybrid dan full electric.

Prancis merupakan negara Eropa pertama yang menargetkan bebas emisi karbon pada 2050. Menteri Lingkungan Prancis Nicolas Hulot pada 6 Juni 2017 menjelaskan bahwa langkah ini ditempuh untuk menjaga momentum perjanjian iklim Paris. Namun, Pemerintah Prancis akan memberikan solusi bagi produsen mobil terkait rencana penghentian penjualan mobil berbahan bakar fosil.

Saat ini mobil berbahan bakar fosil, baik bensin maupun diesel, masih mendominasi penjualan di Prancis. Selama paruh pertama 2017, sebanyak 95,2 persen mobil yang terjual bermesin konvensional. Sisanya, 1,2 persen bertenaga listrik murni dan 3,5 persen merupakan mesin hybrid.

Ia yakin target itu akan tercapai, pasalnya pabrikan mobil global sudah mengarahkan produknya pada penggunaan motor listrik mulai saat ini. Pada 2020 penggunaan mobil listrik akan lebih massif lagi. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini