Share

Beda dari Avanza, Small MPV Mitsubishi Andalkan Penggerak Roda Depan

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 26 Juli 2017 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 25 15 1743907 beda-dari-avanza-small-mpv-mitsubishi-andalkan-penggerak-roda-depan-YOsbYqWRn1.jpg Small MPV Mitsubishi (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Pemain di segmen low multi-purpose vehicle (MPV) rata-rata mengandalkan penggerak roda depan. Sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan satu lagi pendatang baru yaitu small MPV dari Mitsubishi. Hanya ada dua merek yang sampai sekarang tetap mengandalkan sistem penggerak roda belakang yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Keputusan Mitsubishi Motors memilih penggerak roda depan bukan tanpa alasan. Bahkan Takaaki Kishi, chief product specialist product strategy division, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Jepang yakin mobil ini mampu melewati jalan menanjak yang rusak sekalipun serta sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

"Pengerak roda belakang hanya untuk Avanza saja di mana sebagian besar dari produk-produk kendaraan low MPV sama dengan kami menggunakan penggerak roda depan. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan mobil penggerak roda depan," kata Kishi belum lama ini.

Untuk membantu pergerakannya, small MPV Mitsubishi terbaru ini telah dibekali dengan mesin bensin 1,5 liter 16 katup dengan innovatice valve timing electronic control (MIVEC) yang diklaim mampu menghasilkan kinerja yang bertenaga. Mesinnya dipadukan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Kinerja mesin ditunjang oleh suspensi baru dan ground clearance terbaik di kelasnya yaitu 205 milimeter pada varian yang menggunakan pelek 16 inci.

Selain penggerak, pembeda small MPV dengan Avanza terletak pada dimensinya. Panjang small MPV mencapai 4.475 milimeter, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sedangkan Avanza sendiri memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Model baru ini lebih lebar dan lebih besar dibandingkan MPV lain di kelasnya. Panjang dan lebar yang melampaui banyak pesaingnya, namun tanpa menjadikannya berat.

Dengan memperkenalkan small MPV ini, secara otomatis MMC masuk ke pasar MPV Indonesia yang sedang booming. Mobil ini menawarkan gabungan unsur MPV dan SUV terbaik, dengan gaya elegan, dikemas dengan cerdik, dan dengan harga kompetitif.

Small MPV Mitsubishi ditawarkan dalam 6 varian dan akan melakukan debut internasional di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini