Share

Ini yang Bikin Daihatsu Yakin Xenia Tak Akan Tergeser Pesaing Baru

Fadel Prayoga, Okezone · Senin 24 Juli 2017 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 24 15 1742635 ini-yang-bikin-daihatsu-yakin-xenia-tak-akan-tergeser-pesaing-baru-3kgYCgiVwI.jpg (Foto: Okezone)

TERNATE - Daihatsu Xenia kedatangan pesaing baru di segmen pasar mobil low multi purpose vehicle (MPV). Mobil yang akan hadir meramaikan pasar low MPV adalah Wuling Confero S dan satu produk Mitsubishi.

Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya tak ambil pusing melihat kompetisi pasar mobil low MPV yang semakin menggeliat di Tanah Air. Justru, ia menilai kondisi ini bakal menguntungkan konsumen karena memiliki lebih banyak pilihan. Mereka akan memilih yang sesuai dengan selera dan kemapuan keuangannya.

"Kalau kita itu komentarnya bahwa yang namanya ada produk baru di pasar yang gemuk itu pasti akan semakin menguntungkan konsumen. Karena konsumen mempunyai banyak pilihan," ujarnya, di Ternate, Maluku Utara, belum lama ini.

Di sisi lain, ia yakin Daihatsu Xenia akan tetap menjadi pilihan masyarakat. Salah satu instrumen penting seseorang dalam membeli kendaraan adalah harga jual kembali atau resale value. Menurut Hendra, konsumen membeli mobil salah satunya juga untuk berinvestasi di samping memanfaatkannya sebagai sarana transportasi.

Dari pengalaman selama bertahun-tahun Xenia memiliki nilai jual kembali yang cukup baik. Hal itulah yang menjadi rahasia sukses Xenia sehingga bisa menjaga eksistensinya di Indonesia selama 13 tahun.

"Jadi salah satu kunci sukses bermain di MPV ya produknya harus mempunyai resale value yang baik," imbuhnya.

Dengan mendapatkan manfaat dari harga jual yang tinggi, lanjut dia, ketika konsumen ingin mengganti kendaraan maka mereka akan mendapatkan dana cukup untuk dijadikan sebagai uang muka membeli mobil baru.

Soal berapa resale value Xenia, Hedrayadi mengungkap bahwa nilainya pasar yang menciptakan sendiri. Namun ada beberapa faktor yang membuat resale value sebuah mobil tinggi, salah satunya adalah ketersediaan produknya di pasar.

"Resale value ini market yang menciptakan, jadi tidak bisa kita atur, karena bergantung populasinya juga. Itu cerminan dari banyak permintaan, enggak bisa dibuat-buat," pungkasnya.

Seperti diketahu, produsen mobil China PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) akan meluncurkan low MPV-nya, Confero S, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 pada 10 Agustus. Mobil tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp130 jutaan. Di waktu yang sama Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga akan melakukan debut internasional produk low MPV-nya. Namun hari ini MMKSI lebih dulu akan memperkenalkannya kepada jurnalis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini