Share

Nissan Siap Luncurkan Teknologi Semiotonom ProPilot Assist

Santo Evren Sirait, Okezone · Sabtu 22 Juli 2017 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 22 15 1741939 nissan-siap-luncurkan-teknologi-semiotonom-propilot-assist-MUXk0hIMVU.jpg Nissan semi otonom (Carscoops)

NEW YORK - Nissan baru saja mendemonstrasikan teknologi semiotonom ProPilot Assist di Amerika Serikat (AS). Hal tersebut seakan memberikan sinyal kuat bahwa Nissan segera meluncurkannya paling cepat pada akhir tahun ini. Dilaporkan Carscoops, perusahaan asal Jepang itu mengungkap bahwa teknologi yang dimilikinya sudah dikembangkan khusus untuk jalan raya dan pengemudi AS.

Perusahaan menggabungkan sistem steering Assist dan Intelligent Cruise Control yang bisa digunakan saat kondisi lalu lintas dalam keadaan padat. Nissan menyebut meski teknologinya itu memungkinkan mobil berjalan sendiri, namun pengemudi harus tetap waspada dan tangan selalu berada di dekat lingkar kemudi supaya dapat mengambil alih kendali jika mobil berjalan tidak sesuai jalur.

"ProPilot Assist memiliki kemampuan untuk melacak jalur melengkung, membantu pengemudi tetap berada di jalur, serta menyesuaikan berbagai kondisi arus lalu lintas," kata Takeshi Yamaguchi, senior vice president research and development.

Namun, lanjut Yamaguchi, sama seperti kendaraan nonotonom saat ini, ProPilot Assist mengharuskan pengemudi untuk tetap terlibat dalam tugas mengatur arah laju kendaraan.

Dengan adanya teknologi tersebut, Yamaguchi mengklaim dapat mengurangi rasa lelah pengemudi dan meningkatkan kenikmatan berkendara.

Pada tahap ini, Nissan menggambarkannya sebagai versi Intelligent Cruise Control yang disempurnakan, yang memberikan bantuan kemudi saat kamera depan mendeteksi secara konsisten arah jalan. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini