Share

TOP AUTOS: Kendaraan Pertama yang Digunakan di Bulan Hasil Karya Chevrolet

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 21 Juli 2017 23:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 21 15 1741794 top-autos-kendaraan-pertama-yang-digunakan-di-bulan-hasil-karya-chevrolet-H4Dl7cBZqP.jpg Chevy Bolt (Carscoops)

DETROIT - Mungkin banyak orang yang mengetahui sosok pria bernama Neil Amstrong dan Edwin Aldrin. Pada 48 tahun yang lalu keduanya berhasil menginjakkan kaki di bulan. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui kendaraan apa yang pertama melaju di bulan? Jawabannya adalah Lunar Rover.

Kendaraan listrik ini pertama kali digunakan oleh para astronot dalam misi Apollo 15 pada 30 Juli 1971. Lalu Lunar Rover kembali ikut serta dalam misi Apollo 16 dan 17.

Mobil ini dikembangkan berdasararkan hasil masukan dari para astronot yang sebelumnya menginjakkan kaki di bulan. Bahan dan informasi mengenai kondisi permukaan bulan menjadi acuan bagi para ahli di NASA dan pabrikan mobil untuk mendesain kendaraan.

Ternyata para ahli dari General Motors, tepatnya Chevrolet, ikut mengembangkan mobil Lunar Rover. Banyak bagian dari Lunar Rover yang merupakan hasil desain para ahli Chevrolet, namun satu yang menarik adalah motor listrik untuk kendaraan. Pasalnya saat itu kendaraan listrik bukan alat transportasi yang lazim digunakan ketika itu.

"Saat tim kami mendesain Lunar Rover, ada banyak hal yang tidak kami ketahui, seperti kondisi medan yang bervariasi, suhu ekstrem, dan efek dari berkurangnya gravitasi. Kami didorong untuk menerobos batasan teknologi automotif dan bekerja sama dengan para astronot untuk mendesain kendaraan," kata mantan kepala proyek Lunar Rover NASA, Ferenac Pavlics, seperti dikutip dari Motor1.

Untuk mengenang usaha itu, Chevrolet membandingkan mobil listrik terkininya Chevrolet Bolt dengan Lunar Rover. Tentunya kedua kendaraan ini dibuat untuk kondisi alam yang berbeda.

Bolt mampu menjelajah 380 kilometer untuk sekali isi ulang baterai, sedangkan Lunar Rover hanya bisa menjelajah 92 km. Dengan segala keterbatasan saat pengembangan dan pembuatannya sejak 1960-an, teknologi motor listrik Lunar Rover tentunya tidak secanggih Bolt yang diluncurkan pada Desember 2016. Lunar Rover memang dilengkapi dengan empat motor listrik yang menggerakkan semua roda. Namun tenaga yang dihasilkan per motor hanya 25 hp. Sedangkan tenaga yang dihasilkan Bolt mencapai 200 hp.

Motor listrik pada Chevrolet Bolt mampu mengantarkan kendaraan mencapai kecepatan maksimum 147 km/jam, sedangkan Lunar Rover hanya 14 km/jam. Dalam hal kapasitas penumpang, Bolt bisa diisi lima orang sedangkan Lunar Rover dua orang.

Namun hal ini setidaknya membuktikan bahwa usaha Chevrolet untuk mengembangkan kendaraan listrik sudah ada sejak lama, seiring dengan misi penjelajahan bulan. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini