Share

Ford Tunjukkan Perkembangan Teknologi Otonom

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 26 Juni 2017 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 26 15 1724832 ford-tunjukkan-perkembangan-teknologi-otonom-3aBHDFrMag.jpg Ford Fusion (Motor1)

ANN ARBOR - Pabrikan mobil asal Amerika Serikat kembali menguji teknologi otonom atau tanpa sopir. Pengujian dilakukan menggunakan sedan Fusion yang telah dilengkapi dengan sensor, radar, dan perangkat lunak lainnya yang sangat canggih. Ford memanfaatkan fasilitas khusus untuk menguji mobil tanpa sopir di Mcity, Ann Arbor, Michigan. Lewat pengujian tersebut, Ford ingin menunjukkan perkembangan dari teknologi otonom rancangannya.

Fasilitas Mcity memungkinkan Ford melakukan uji coba dengan aman hingga ke tingkat 4. Dalam pengujian ada skenario yang harus dilalui oleh mobil saat berada di jalan raya. Skenario tersebut meliputi persimpangan jalan, ada pejalan kaki yang sedang menyeberang jalan, lampu lalu lintas, sampai pengendara sepeda.

Selama pengujian, prototipe Fusion otonom berhasil melalui skenario tersebut dengan kecepatan maksimal laju kendaraan 40 kilometer per jam. Dilaporkan Automotive News yang dikutip ulang Motor1, menyatakan bahwa mobil tersebut sangat mengenali lampu lalui lintas dan mengidentifikasi adanya pejalan kaki.

Sebelumnya, Ford juga telah melakukan uji mobil berteknologi otonom di California dan Arizona. Kemungkinan perusahaan akan mulai mengevaluasi hasil pengujiannya selama ini pada akhir 2017 di Eropa. Tujuan utamanya adalah para teknisi ingin menciptakan mobil otonom tanpa lingkar kemudi dan pedal gas.

Jika hasil evaluasi dan pengembangan berjalan lancar, Ford berencana memperkenalkan secara resmi mobil otonom pada 2021. Kemudian pada 2025 Ford berharap sudah bisa memproduksi dan memasarkannya secara massal. Dalam mengembangkan mobil otonom, investasi yang akan dikeluarkan Ford sebanyak USD1 miliar atau Rp12 triliun selama lima tahun ke depan. Jika semua berjalan sesuai rencana, perusahaan bisa berbagi teknologi ke perusahaan lain.

Prototipe Fusion otonom ditunjukkan pertama kali di ajang Consumer Electronics Show pada Januari. Sedan itu sudah menggunakan sebuah teknologi peraba jarak jauh (Light Detection and Ranging/Lidar) yang memungkinkan mobil bisa mendeteksi adanya benda pada jarak 549 meter. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini