Share

TOP AUTOS OF THE WEEK: KTM Tak Akan Recall 390 Duke di Indonesia

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 25 Juni 2017 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 25 15 1724379 top-autos-of-the-week-ktm-tak-akan-recall-390-duke-di-indonesia-YXGX8t0TWI.jpg KTM 390 Duke (Okezone)

JAKARTA - Produsen sepeda motor sport Austria, belum lama ini melakukan uji ketahanan terhadap salah satu produk terbarunya yaitu 390 Duke. Hasilnya cukup mengejutkan, perusahaan menemukan satu masalah yaitu lampu depan motor bisa redup seketika. Hal ini tentunya menjadi perhatian penuh oleh KTM. Sebagai upaya untuk memastikan produk yang dijualnya itu tidak cacat, maka KTM memutuskan melakukan penarikan atau recall 390 Duke.

"Dalam pengujian ketahanan yang dilakukan secara internal, KTM mengalami beberapa kasus reboot lampu LED secara sporadis. Hal ini dapat menyebabkan kondisi berkendara yang berpotensi sangat membahayakan, maka perusahaan akan mengganti perangkat lunak lampu depan sesegera mungkin.," demikian keterangan KTM.

KTM 390 Duke dipasarkan ke beberapa negara termasuk Indonesia. Motor berkarakter sporty itu baru saja meluncur belum lama ini bersamaan dengan ajang Jakarta Fair Kemayoran, di Jakarta Pusat. Kedatangannya dibawa langsung oleh PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) agen pemegang merek sepeda motor KTM di bawah 400 cc.

Terkait rencana recall yang akan dilakukan oleh KTM Eropa, Presiden Direktur PJLM Kristianto Gunadi mengaku sudah mengetahuinya. Dirinya menegaskan 390 Duke untuk pasar Indonesia masih aman.

"Itu yang produksi batch (kelompok) awal yang terkena masalah tersebut, tapi mereka sudah antisipasi untuk masalah itu. Yang akan dikirim ke Indonesia sudah batch kesekian, boleh dibilang bukan yang pertama. Mungkin kita negara ketujuh atau tujuh yang meluncurkan 390 Duke. Tapi yang jelas mereka sudah ada antisipasi dan perbaikan," ujar Kristianto.

Untuk pasar Indonesia sendiri, lanjut Kristianto, KTM 390 Duke akan masuk sekira Agustus. Sehingga dapat dipastikan model sudah menjalani pemeriksaan sekaligus perbaikan bila ada masalah.

"Kami memastikan yang masuk Indonesia tidak ada masalah, batch kita baru masuk Agustus atau September tahun ini, jadi sudah ada antisipasi dari pabrikan di India," terang Kristianto.

Dirinya juga memastikan tidak ada keterlambatan pengiriman motor dari India ke Indonesia. Semuanya akan berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditargetkan.

"Enggak-lah mestinya. Di India 390 Duke cukup populer ya. Apalagi cuma update sofware pada lampu depan jadi enggak makan waktu lama. Yang jelas pabrikan sudah tahu dan mereka sudah peduli akan masalah itu," ungkap Kristianto.

KTM 390 Duke untuk pasar Indonesia sendiri dibawa dalam bentuk utuh dari India. Kemungkinan model tersebut belum beredar di Indonesia mengingat konsumen harus menunggu tiga bulan sejak motor di pesan.

KTM Duke 390 memiliki lampu utama dihiasi oleh LED di bagian samping. Ada 20 LED di dalamnya sehingga menghasilkan iluminasi dan visibility. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini