Share

Toyota Lebih Memilih Mesin Bensin daripada Diesel untuk Mobil Hybrid

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 26 Juni 2017 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 15 1724324 toyota-lebih-memilih-mesin-bensin-daripada-diesel-untuk-mobil-hybrid-2J62bFuqJ2.jpg Toyota Prius (Carscoops)

TOKYO - Penggunaan mesin diesel pada mobil plug-in hybrid diyakini akan lebih irit bahan bakar. Namun sampai saat ini beberapa produsen mobil masih mengandalkan mesin bensin. Mengenai mesin diesel untuk mobil plug-in hybrid, Toyota sebagai salah satu pelopor hadirnya teknologi hybrid mengungkap bahwa pihaknya akan terus menggunakan mesin bensin dan tidak akan menawarkan mesin diesel dalam waktu dekat.

Ketidakinginan Toyota membuat mesin diesel untuk mobil plug-in hybrid bukan tanpa alasan. Menurut general manager eksekutif Toyota, Shizuo Abe, mengatakan bahwa mesin diesel harganya lebih mahal daripada bensin, sementara itu sistem hybrid juga mahal karena teknologinya sudah canggih.

"Ketika keduanya digabungkan (mesin diesel dan teknologi plug-in hybrid) harga mobil akan sangat tinggi sekali. Karena itu, perlu waktu yang panjang untuk menemukan menemukan solusi tepat sebagai upaya memotong biaya sebagai upaya memenuhi permintaan pelanggan," kata Abe seperti dikutip dari Carscoops.

Abe menambahkan, kurangnya infrastruktur stasiun pengisian listrik juga harus dipikirkan solusinya. "Satu-satunya cara untuk memecahkan masalah adalah membangun stasiun pengisian yang bagus dan mahal seperti apa yang dilakukan Tesla dengan jaringan supercharger-nya," terang Abe.

Dengan adanya stasiun pengisian listrik, menurut Abe, mobil plug-in hybrid serta kendaraan listrik dapat diisi dengan mudah di rumah dan kantor.

"Sehingga menjadikannya (mobil hybrid) sebagai pilihan yang utama," pungkas Abe. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini