Share

Geely Ingin Merubah Proton dan Lotus Jadi Perusahaan yang Menguntungkan

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 26 Juni 2017 06:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 24 15 1724321 geely-ingin-merubah-proton-dan-lotus-jadi-perusahaan-yang-menguntungkan-NTWnxthUfA.jpg Logo Proton dan Geely (Paultan)

KUALA LUMPUR - Perusahaan automotif China, Zhejiang Geely Holding Group, resmi membeli 49,9% saham Proton pada Mei 2017. Walaupun kesepakatan itu masih terbilang baru, tapi sejumlah gagasan menarik telah disampaikan demi memajukan produsen asal Malaysia itu. Tidak hanya Proton, Geely juga telah membeli 51% saham Lotus. Geely juga memiliki rencana membuat nama Lotus lebih besar lagi.

Li Shufu, Geely chairman, sebagaimana dikutip dari Paultan, mengatakan, "Kami ingin mengubah Proton dan Lotus menjadi perusahaan yang menguntungkan dan supaya pembangunan mereka secara terus menerus berkembangan. Untuk Proton, kami berharap dapat membantu meraih kembali pangsa pasar di Malaysia dan juga meluas ke pasar ASEAN. Untuk Lotus, kami ingin membantunya menembus pasar global."

Li Shufu tidak membeberkan kapan target tersebut akan tercapai. Menurutnya dengan adanya kerjasama ini pencapaian tersebut bisa diraih sesegera mungkin.

"Saya tidak bisa memberi Anda garis waktu yang pasti, tapi yakinlah kami memiliki rencana yang bagus dan solid yang akan segera kami kerjakan, dan kami akan mengumumkannya secara lebih rinci pada waktunya. Kami percaya tidak akan memakan waktu lama karena kami memiliki kepercayaan kuat terhadap pertumbuhan pasar automotif Malaysia dan juga di Proton," katanya.

Sebagai permulaan, Proton akan fokus ke pasar Malaysia dan Asia Tenggara. Telah dilaporkan sebelumnya bahwa Geely tidak akan memasuki pasar tersebut, jadi Proton akan memiliki ruang yang luas untuk mengembangkan lagi pasar di sana.

"Pertama, Proton perlu berhenti kehilangan uang. Prioritasnya sekarang adalah untuk memperkuat kehadirannya di pasar Malaysia dan ASEAN terlebih dahulu, di situlah bisnis intinya. Setelah itu akan menjadi lebih menguntungkan dan memiliki rencana pengembangan serta produk yang berkelanjutan, maka dari situ bisa memiliki rencana untuk melakukan ekspor ke negara lain. Tidak ada batasan untuk itu," terang Li Shufu.

Dirinya menambahkan, pengalaman Proton di pasar automotif yang sudah lebih dari 30 tahun, itu artinya sudah paham betul dalam mengembangkan mobil terutama setir kanan.

"Proton akan menjadi salah satu pusat litbang Geely, dan akan fokus pada penelitian dan pengembangan mobil dengan setir kanan serta dan membantu adaptasi pasar," pungkas Li Shufu. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini