Share

Adu Spesifikasi Skutik Premium Honda SH150i dan Piaggio Medley

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 28 Mei 2017 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 27 15 1701448 adu-spesifikasi-skutik-premium-honda-sh150i-dan-piaggio-medley-QHNc3bTjPg.jpg Honda SH150i (Okezone)

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) agen pemegang merek (APM) sepeda motor Honda di Indonesia memanfaatkan IIMS 2017 yang telah berlangsung pada April 2017 dengan meluncurkan skuter matik (skutik) premium, SH150i. Kedatangannya menambah ketat persaingan pasar skutik premium di Tanah Air. Pesaing terdekat SH150i datang dari produsen skutik asal Italia, Piaggio Medley.

Bicara soal desain tentunya masing-masing punya ciri khas, namun kembali lagi ke selera konsumen. Jika mau lebih detail lagi di luar desain, berikut ini ulasan singkat mengenai kedua skutik premium tersebut.

Dimulai dari Honda SH150i, skutik Jepang ini dibanderol Rp44,9 juta. Dengan harga yang cukup tinggi tersebut, Honda telah menyematkan fitur keamanan canggih di kelasnya seperti smart key system yang terdiri dari switch On/OFF, answer back system, dan antitheft alarm system yang terintegrasi dalam 1 unit remote. Untuk menghidupkan mesin pengendara hanya memutar kenop kunci. Selain menyalakan mesin, kenop ini juga berfungsi untuk membuka jok dan mengunci setang kemudi.

Fitur lainnya yang ada di SH150i seperti power charger untuk mengisi ulang baterai ponsel. Letaknya berada di di dalam console box. Kapasitas tangki bahan bakar 7,5 liter dan terdapat bagasi di bawah jok yang dapat menyimpan helm fullface. Secara ukuran, motor ini memiliki panjang 2.026 milimeter, lebar 740 mm, dan tinggi 1.158 mm, serta wheelbase 1.340 mm.

Sumber tenaganya berasal dari mesin Liquid Cooled, 4-Stroke, SOHC, 150cc eSP (Enhanced Smart Power). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 10,9 kW pada 8.250 rpm dan torsi puncak 13,9 nm pada 6.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 40,9 kilometer per liter dengan mengaktifkan Idling Stop System (ISS) atau mesin mati otomatis jika sepeda motor berhenti.

Supaya lincah ketika dikendarai, Honda juga telah menyematkan pelek alumunium berukuran 16 inci dan ban {tubeless}. Selain itu terdapat suspensi belakang dual-damper swing arm dengan 5 langkah pre-load yang dapat disesuaikan dan suspensi depan 33 mm {telescopic fork}. Sistem pengereman sudah menggunakan ABS (Antilock Braking System) dengan 2 piston caliper pada roda depan dan 1 piston caliper di belakang.

Beralih ke Medley, Piaggio Indonesia menawarkan dua pilihan tipe yaitu Medley ABS dan Medley S ABS. Pada saat peluncuran Mei 2016, Medley ABS dibanderol Rp44,2 juta dan S ABS Rp44,9 juta. Perbedaan keduanya tidak terlalu mencolok, pada tipe S peleknya diberi warna, punya pegangan penumpang, dan pijakan kaki dari bahan plastik.

Skutik ini menawarkan diameter pelek lebih besar jika dibandingkan dengan skutik lain di kelas yang sama. Adapun ukuran pelek depannya 16 inci dan 14 ini untuk pelek belakang. Dirancang dengan sistem dual-ABS, yang dipasang di roda depan dan belakang, tujuannya untuk memaksimalkan sistem pengereman dan keamanan. Selain ABS ada juga rem cakram 260 di depan dan 240 dibelakang.

Bagian depan motor sudah disematkan lampu senja LED, bukaan kompartemen elektrik, sadel untuk berboncengan, dan bagasi di bawah jok dengan kapasitas 36,2 liter serta bisa untuk menyimpan dua helm sekaligus.

Medley punya panjang 2.020 mm, lebar 705 mm, dan jarak sumbu roda 1.390 mm. Kapasitas tangki bahan bakarnya 7 liter termasuk cadangan 1,5 liter. Suspensi depan mengunakan teleskopik hidrolik dan belakang terdapat dua peredam kejut ganda yang bisa diatur kekerasannya.

Teknologi pada mesin Medley sudah yang terbaru yaitu i-get. Teknologi tersebut dikolaborasikan dengan SOHC, empat silinder, dan kapasitas 150 liter. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga 11 kw pada 7.750 rpm dan torsi puncak 14,4 nm pada 6.400 rpm. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini