Share

Menteri Airlangga Minta Produsen Mobil Wuling Gunakan 60% Komponen Lokal

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 30 April 2017 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 30 15 1679984 menteri-airlangga-minta-produsen-mobil-wuling-gunakan-60-komponen-lokal-60V1RjUKgv.jpg Wuling ikut pameran GIIAS 2016 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pasar automotif Indonesia kedatangan pemain baru yaitu PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors). Keseriusan Wuling untuk menggarap pasar Indonesia ditunjukkan dengan dibangunnya pabrik seluas 60 hektare di kawasan industri Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kehadiran Wuling di Indonesia mendapat apresiasi dari Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, sebab mampu menyerap banyak tenaga kerja. Selain itu diharapkan bisa menggunakan komponen lokal lebih banyak.

"Mereka sudah investasi sebesar Rp7 triliun. Tenaga kerja yang akan terserap mencapai 3.000 orang dan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sudah lebih dari 40 persen. Kami minta untuk ditingkatkan menjadi 60 persen,” ujarnya, dalam keterangan resmi.

Airlangga menambahkan, industri asal China tersebut serius menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk pasar ASEAN.

Pabrik PT SGMW Motor Indonesia akan resmi beroperasi pada Juli 2017 dengan kapasitas produksi sebanyak 120 ribu unit per tahun. Model kendaraan pertama yang akan diluncurkan adalah low MPV dengan mesin 1.200 cc dan 1.500 cc.

Wuling sengaja masuk ke segmen tersebut karena potensi pasarnya sangat besar. Mobil keluarga dengan kapasitas tujuh orang menjadi primadona di Indonesia. Selain bisa memuat banyak orang, harganya juga terjangkau. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini