Share

TOP AUTOS: Punya Pabrik Baru, Mitsubishi Akan Melakukan Lokalisasi Produk

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 26 April 2017 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 26 15 1677201 top-autos-punya-pabrik-baru-mitsubishi-akan-melakukan-lokalisasi-produk-Xj3zajpTA5.jpg Presiden Joko Widodo dan Carlos Ghosn kunjungi pabrik Mitsubishi (Foto: Dokumentasi MMKI)

JAKARTA - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meresmikan pabrik baru di Indonesia. Pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri GIIC Deltamas, Kabupaten Bekasi, mulai beroperasi setelah proses pembangunan yang berlangsung selama 2 tahun yang didukung oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) ini selesai. MMKI merupakan pabrik yang didirikan bersama oleh MMC, Mitsubishi Corporation (MC), dan PT Krama Yudha (KY) sebagai mitra di Indonesia.

Dengan adanya pabrik baru Mitsubishi untuk memproduksi kendaraan penumpang dan light commercial vehicle (LCV) ada target yang dikejar oleh Mitsubishi ke depannya.

"Targetnya untuk memastikan adanya kontribusi kami dalam perkembangan pasar di Indonesia. Seperti yang bisa dilihat saat ini, Mitsubishi hanya mengisi market antara 6 sampai 7% di Indonesia dan menurut saya potensi market untuk produk Mitsubishi akan jauh lebih tinggi dari ini. Salah satu alasan mengapa Mitsubishi tidak terlalu bagus karena tidak adanya over product yang berkembang di segmen pasar di Indonesia," ujar Chairman of Board MMC, Carlos Ghosn.

Lewat pabrik baru ini, ia berharap ke depannya Mitsubishi akan lebih besar lagi, tentunya dengan cara menghadirkan lebih banyak lagi produk baru dan diproduksi lokal.

"Oleh karena itu kami akan membawa lebih banyak produk baru dan melokalisasinya serta berharap akan lebih baik partisipasi dalam pengembangan pasar," tambah Ghosn.

Berdiri di atas lahan seluas 30 hektare dengan kapasitas produksi 160 ribu unit per tahun. Nilai investasi pabrik ini mencapai Rp7,5 triliun dan mampu menyerap 3.000 tenaga kerja. Pabrik Mitsubishi ini akan memproduksi beberapa model kendaraan termasuk small MPV untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Selain itu, pabrik itu juga memproduksi Pajero Sport dan Colt L300.

Pabrik kedua ini merupakan bagian dari strategi pengembangan bisnis MMC di wilayah ASEAN. MMC juga memproduksi kendaraan di Thailand dan Filipina. Rencana pengembangan perusahaan didukung oleh Nissan Motor yang menguasai 34% saham Mitsubishi pada 2016.

Carlos mengatakan, "Pabrik ini merupakan representasi kepercayaan diri kami di Indonesia, di wilayah ASEAN, dan pada prospek perkembangan Mitsubishi Motors. Kami bangga dapat turut menciptakan lapangan kerja dan berinvestasi di salah satu wilayah dan kekuatan ekonomi terbesar yang akan menjadi basis produksi dan ekspor yang kuat untuk aliansi kami yang sedang berkembang." (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini