Share

Menteri Airlangga: Pabrik Mitsubishi Bekasi Jadi Basis Produksi di Dunia

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 25 April 2017 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 25 15 1675922 menteri-airlangga-pabrik-mitsubishi-bekasi-jadi-basis-produksi-di-dunia-Ay8QxaHtPy.jpg Presiden Joko Widodo bersama COB Mitsubishi Motors Corporation meninjau lokasi perakitan pabrik MMKI di Bekasi (Foto: MMKI)

BEKASI - Mitsubishi Motors Corpotation (MMC) meresmikan pabrik manufaktur baru berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Desa Pasir Ranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

Presiden Joko Widodo dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto turut hadir bersama Chairman of MMC Carlos Ghosn serta CEO MMC Osamu Masuko saat peresmian pabrik.

Pembukaan pabrik mempertegas kehadiran group automotif asal Jepang itu di Indonesia. Selain itu juga bukti Mitsubishi memilih Indonesia sebagai basis produksi.

"Pembangunan pabrik baru PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) merupakan salah satu bukti komitmen Mitsubishi Motors Corporation dan mitra usahanya yang telah ada di Indonesia sejak 1970, untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi Mitsubishi di dunia saat ini," ujar Airlangga.

Pabrik baru ini mengeluarkan investasi sebesar Rp7,5 triliun dan memiliki kapasitas produksi sebanyak 160 ribu unit per tahun serta melibatkan sekira 212 supplier lokal tier 1 dan 369 tier 2.

"Hal ini memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pertumbuhan industri automotif di Indonesia sekaligus memberikan konribusi yang cukup bagi perekonomian nasional," terang Airlangga.

Ia menambahkan, saat ini automotif merupakan salah satu industri andalan sekaligus menjadi salah satu penyumbang terbesar perekonomian di Tanah Air. 

"Tahun 2016, kontribusi subsektor industri alat angkutan (termasuk di dalamnya industri automotif) terhadap PDB sektor industri non-migas mencapai 10,47 persen, terbesar ketiga setelah subsektor industri makanan dan minuman. Untuk itulah maka industri automotif tersebut akan terus didorong sehingga memberikan kontribusi yang semakin besar lagi bagi perekonomian nasional. Pemerintah menargetkan produksi automotif mencapai 2,5 juta unit pada 2020," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini