Share

Langkah yang Harus Dipenuhi Wuling jika Bermain di Pasar Indonesia

Santo Evren Sirait, Okezone · Selasa 25 April 2017 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 24 15 1675403 langkah-yang-harus-dipenuhi-wuling-jika-bermain-di-pasar-indonesia-4CWtJlHuXa.jpg Peletakan batu pertama pembangunan pabrik Wuling (Foto: Helioscapitalasia)

JAKARTA - Pengamat automotif, Bebin Djuana, menyambut positif langkah besar PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) untuk menjual produknya di pasar automotif Indonesia. Kendati demikian, menurut dia, Wuling harus siap menghadapi produsen mobil asal Jepang yang sudah lama ada di pasar Tanah Air.

Bebin menyampaikan, ada beberapa hal yang perlu dipenuhi Wuling jika ingin masuk pasar Indonesia sekaligus mengambil hati konsumen. "Masyarakat Indonesia itu menganggap sisi styling itu penting banget. Dan konsumen Indonesia sangat update dengan styling yang terkini," ujarnya.

Dia mencontohkan, beberapa waktu lalu di Eropa sedang ramai penggunaan LED untuk lampu senja. Lalu Kia melalui salah satu produknya ikut menerapkan hal yang sama. Hasilnya penjualan Kia terbanyak berasal dari produk yang sudah dipasang lampu LED.

"Jadi bisa dibanyangkan penampilan yang ter-update itu penting bagi konsumen di Indonesia," jelas Bebin.

Soal harga, ungkap Bebin, Wuling jangan salah langkah dalam menentukannya, Sebab konsumen di Indonesia sangat sensitif bila sudah bicara harga.

"Ini memang sangat sensitif di Indonesia. Saya ambil contoh, dulu karena harga Hyundai Sonata di atas Toyota Camry, maka sepi pembeli. Orang melihat ke Honda Jazz. Ini hal-hal yang harus dibangun oleh Wuling, pendekatan pricing-nya seperti apa," pungkas Bebin. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini