Share

Disayangkan, Indonesia Masih Pakai Standar Emisi Euro2

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 24 Maret 2017 08:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 24 15 1650760 disayangkan-indonesia-masih-pakai-standar-emisi-euro2-3HxiczEs1H.jpg Ilustrasi pengujian emisi kendaraan (Foto: Europarl)

JAKARTA - Saat ini, rata-rata kendaraan bermotor di Indonesia baru mengadopsi standar emisi gas buang Euro2. Padahal jika melihat standar di negara lain sudah menerapkan Euro4. Bahkan di Eropa sudah masuk pada level Euro6. Di ASEAN hanya tiga negara yang masih menerapkan standar Euro2, salah satunya Indonesia.

"Saat ini Indonesia masih pakai Euro2 jauh ketinggalan dengan negara-negara lain. Karena di ASEAN saja tinggal tiga negara yang masih pakai Euro2 yaitu Indonesia, Laos, dan Myanmar. Itu sangat disayangkan negara tetangga saja seperti Singapura sudah bergerak ke Euro5," ujar Kukuh Kumara, sekretaris jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Jika penggunaan Euro2 diteruskan, lanjut dia, bakal terjadi pembekakan biaya produksi. Karena pabrikan akan menyediakan dua line produksi, satu untuk pasar domestik dan satu lagi ekspor (berstandar minimal Euro4).

"Kalau kita bertahan dengan Euro2 ini repot. Kalau kita mau menggalakkan ekspor ke negara-negara lain yang sudah menerapkan standar emisi yang ketat. Akibatnya pabrikan memerlukan dua jalur produksi untuk domestik dan ekspor karena bahan bakarnya beda. Ini menjadi tidak efisien. Tapi kalau kita sesuai dengan standar negara-negara tujuan ekspor maka menjadi sederhana bisa menjadi satu line produksi ekspor dan domestik," terang Kukuh.

Rata-rata produk yang dipasarkan oleh agen pemegang merek (APM) sudah bisa memenuhi standar Euro4. Namun kembali lagi standar emisi di Indonesia masih Euro2. Karena jika ingin menerapkan standar baru maka bahan bakarnya pun harus disiapkan yang memenuhi spesifikasi Euro4.

"Kembali lagi ini butuh proses, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita bisa ke Euro4 dan bisa lebih tinggi lagi ke Euro5," harap Kukuh. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini