Share

Tampil Beda, Sedan Vios 2004 Diubah Bergaya Simple Funky

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 27 Februari 2017 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 27 15 1628775 tampil-beda-sedan-vios-2004-diubah-bergaya-simple-funky-44uqS3lgQ6.jpg Toyota Vios 2004 simple funky (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Keinginan untuk tampil beda mendorong Frendzy untuk memodifikasi mobil kesayanganya yaitu Toyota Vios. Sedan produksi 2004 itu diubah dengan konsep simple funky. Tidak tanggung-tanggung, tiga bengkel modifikasi ia percayakan untuk memodifikasi mobil yang masih dipakai untuk kegiatan sehari-harinya itu. Untuk bagian eksterior dipercayakan kepada DJM Body Work, air suspension YM Auto Wheels, dan pelek SM Motorsport.

Apa saja yang berubah dari sedan Jepang bertransmisi otomatis ini? Perhatikan bagian eksteriornya, demi tampil beda kini bodinya sudah naik kelas mirip Vios facelift model 2006. Supaya tampil lebih mencolok, bodi yang dulunya dicat hitam kini sudah berubah menjadi magenta cosmic. Tak ketinggalan atap dilubangi untuk memasang panoramic sunroof supaya terkesan seperti sedan mewah.

Supaya lebih gagah, pelek bawaan pabrikan dicopot lalu diganti dengan produk aftermarket JX Luxury berdiameter 18 inci dengan ban depan berukuran 205/40 R18 dan belakang 215/40 R18. Tidak cukup sampai disitu, dipasang air suspension agar bodi mobil dapat diturun-naikkan.

Dari keseluruhan eksterior, pengerjaan yang paling sulit adalah menyatukan bodi dan pelek. "Paling susah menyelaraskan bodi ke pelek. Karena ketika ganti pelek, begitu dipasang setting-an kaki-kaki ke bodi pasti berubah. Jadi fender diperlebar, biar kelihatan pas napak ke bawah pelek ketemu sama bibir fender," terang pria yang bekerja sebagai karyawan swasta itu.

Masuk ke kabin, nuansa elegan sangat terasa sekali. Jok pabrikan diganti dengan yang baru, lalu pelapisnya menggunakan semikulit berwarna coklat. Bosan dengan lingkar kemudi pabrikan, ia mengaplikasikan lingkar kemudi ala mobil zaman dulu dari nardi wood.

Sebagai pelengkap di kabin, ditambahkan head unit double DIN dari Pioneer, speaker depan dua buah, dan satu subwoofer. Untuk menjaga kualitas suara ditambahkan pula monoblock dan capasitor bank yang diletakkan di bagasi belakang.

Sementara itu, untuk sektor dapur pacunya tidak mengalami perubahan sama sekali. Hanya saja, supaya terlihat lebih cantik ditambahkan beberapa aksesori termasuk strut bar. Jika ada dana, ia berencana memasang perangkat turbo supaya laju mobil makin cepat.

Pengerjaan mobil dari standar sampai tampil seperti saat ini dilakukan secara bertahap. Bila ditotal, biaya modifikasi yang dikeluarkan sama seperti harga mobilnya. "Hampir 100 jutaan," tutup Frendzy. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini