Share

Ingat Ini agar Aman Mengendarai Sepeda Motor saat Hujan

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 22 Februari 2017 20:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 22 15 1625593 ingat-ini-agar-aman-mengendarai-sepeda-motor-saat-hujan-8gYuZFYwad.jpg Ilustrasi mengendarai sepeda motor saat hujan (Bikebandit))

JAKARTA - Musim hujan sedang melanda, para pengendara sepeda motor harus ekstrawaspada. Berkendara saat hujan deras memang tidak disarankan, sebab risiko terjadinya kecelakaan sangat tinggi. Namun bila terpaksa harus berkendara di tengah guyuran hujan, tunggulah sampai sedikit reda.

Di samping itu, sebelum berkendara ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan perlengkapan pendukung supaya pakaian tidak basah. Selain itu, pelajari teknik berkendara yang benar.

Ferry, Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), berbagi tips aman berkendara saat hujan. Berikut ini penjelasannya:

1. Jaga jarak dan kecepatan.

2. Pakai jas hujan yang safety dan mudah terlihat orang lain atau terang.

3. Tetap menggunakan sepatu.

4. Kaca helm atau visor harus bening, supaya tidak mengganggu pandangan.

5. Kondisi ban harus layak pakai. Apabila sudah tipis atau botak, lebih baik urungkan niat menunggangi motor. 

6. Kondisi lampu utama dan sein dalam kondisi baik.

7. Jika hujan terlalu lebat, lebih baik berhenti di tempat yang aman, jangan di bawah pohon besar, jalan layang, dan jembatan penyeberangan.

8. Jangan lupa selalu berdoa. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini