Share

Ketinggian Air yang Masih Memungkinkan Dilewati Mobil

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 22 Februari 2017 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 21 15 1624361 ketinggian-air-yang-masih-memungkinkan-dilewati-mobil-U49nkuJTzN.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Musim hujan identik dengan genangan air di jalanan ibu kota, bahkan banjir. Bagi pekerja yang biasa membawa mobil ke tempat kerja, kondisi ini merupakan hambatan.

Apalagi, biasanya musim hujan juga identik dengan kemacetan. Sehingga mengubah haluan untuk melewati jalan alternatif butuh waktu yang lama.

Untuk diperhatikan, memaksakan mobil melintasi banjir sangat tidak direkomendasikan. Pada dasarnya, mobil penumpang tidak dibuat untuk berkompromi dengan air. Umumnya, ground clearance mobil penumpang di Indonesia untuk jenis city car dan MPV antara 160 milimeter hingga 200 mm. Untuk mobil SUV medium lebih tinggi sedikit.

Risiko yang dihadapi jika memaksakan melintasi genangan setinggi ban adalah mogok. Lebih fatal lagi ada komponen-komponen penting di mobil yang berpotensi rusak.

Apalagi, posisi mobil mogok di tengah banjir. Air akan terus naik jika hujan masih turun atau karena terkena empasan gelombang. Bagian kabin bisa kemasukan air. Artinya selain dampak kerusakan pada sistem kelistrikan, interior juga akan tergenang. Biaya perbaikannya pun akan lebih besar lagi.

Dari empat kategori banjir hanya satu yang berstatus aman untuk dilewati mobil, yakni D. Ketinggian genangan untuk kategori D adalah masih sebatas dek atau paling tinggi setengah ban.

Untuk memastikan tidak ada masalah pada mobil, setelah melewati genangan, ada baiknya pemilik kendaraan mengecek bagian kaki-kaki, terutama rem. Hal ini untuk memastikan tidak ada masalah dengan komponen penting keselamatan berkendara ini. Biasanya habis melewati genangan daya cengkram rem agak berkurang.

Sementara itu, tiga kategori lainnya adalah, A yakni seluruh bagian mobil terendam, B banjir sampai menutupi dasbor, dan C sebatas bumper.

Untuk mengetahui batas ketinggian air bisa dilihat dari kendaraan di depan yang melintasi genangan. Jika air tinggi, jangan memaksakan untuk melintasinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini